PENGARUH KINERJA LINGKUNGAN DAN KINERJA KEUANGAN TERHADAP PENGUNGKAPAN LINGKUNGAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

ASTRINI, PARAMITA NURUL (2014) PENGARUH KINERJA LINGKUNGAN DAN KINERJA KEUANGAN TERHADAP PENGUNGKAPAN LINGKUNGAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (800Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja lingkungan dan kinerja keuangan terhadap pengungkapan lingkungan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Kinerja Lingkungan diukur dengan menggunakan rating Program Peringkat Kinerja Lingkungan (PROPER), kinerja keuangan diukur dengan profitabilitas yaitu Net Profit Margin (NPM). Pengungkapan lingkungan diukur dengan suatu checklist atas pengungkapan yang dilakukan oleh perusahaan dalam laporan tahunan. Penelitian ini memakai variabel kontrol yaitu growth (pertumbuhan perusahaan) dan leverage. Penelitian ini menggunakan jumlah sampel sebesar 48 perusahaan manufaktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja lingkungan berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan lingkungan. Kinerja keuangan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan lingkungan. Penelitian ini memiliki keterbatasan yaitu sedikitnya jumlah sampel yang digunakan karena variabel kinerja lingkungan hanya diukur menggunakan PROPER pada tahun 2011. Kata kunci: Kinerja Lingkungan, Kinerja Keuangan, Pengungkapan Lingkungan, PROPER, Growth dan Leverage.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HF Commerce
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: faisal dharma
    Date Deposited: 07 May 2015 09:40
    Last Modified: 14 May 2015 07:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16380

    Actions (login required)

    View Item