HUBUNGAN TINGKAT EMOTIONAL QUOTIENT (EQ) DENGAN SELF DIRECTED LEARNING READINESS (SDLR) PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET

HARTONO, CHANDRA BUDI (2014) HUBUNGAN TINGKAT EMOTIONAL QUOTIENT (EQ) DENGAN SELF DIRECTED LEARNING READINESS (SDLR) PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (166Kb) | Preview

    Abstract

    Chandra Budi Hartono, G0011057, 2014. Hubungan Emotional Quotient (EQ) dengan Self Directed Learning Readiness (SDLR) pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Skripsi. Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Latar Belakang: Keberhasilan seseorang dalam belajar tidak hanya ditentukan oleh kecerdasan intelektual saja (IQ), tetapi juga dipengaruhi oleh kecerdasan emosi orang tersebut (EQ) yang di dalamnya memuat unsur pengendalian diri dan manajemen diri. Unsur utama SDLR adalah manajemen diri, keinginan untuk belajar, dan pengendalian diri. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan tingkat EQ dengan SDLR pada Mahasiswa FK UNS. Metode: Penelitian ini bersifat observasional analitik dengan pendekatan cross sectional yang dilakukan mulai Mei hingga Juli 2014 di Kampus Fakultas Kedokteran UNS. Subjek penelitian adalah Mahasiswa FK UNS angkatan 2011, 2012, dan 2013 yang dicuplik dengan metode simple random sampling. Data dianalisis menggunakan analisis bivariat dengan menggunakan uji statistik Regresi Linier. Hasil: Total sampel adalah 90 orang mahasiswa. Sebanyak 30 mahasiswa (33,33%) memiliki EQ tinggi dan 22 mahasiswa (24,44%) memiliki EQ sedang termasuk kategori siap menjalankan SDL. Hasil uji statistik Regresi Linier menunjukkan hubungan yang signifikan antara tingkat EQ dengan SDLR (p = 0,000). Simpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat EQ dengan SDLR pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Kata kunci: Emotional Quotient, Self Directed Learning Readiness

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Pendidikan Kedokteran
    Depositing User: faisal dharma
    Date Deposited: 07 May 2015 09:11
    Last Modified: 14 May 2015 07:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16374

    Actions (login required)

    View Item