PEMBELAJARAN EKONOMI KELAS X AKSELERASI DI SMA NEGERI 1 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2011/2012

WIJAYANTI, SAPTATI RETNO (2013) PEMBELAJARAN EKONOMI KELAS X AKSELERASI DI SMA NEGERI 1 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2011/2012. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF ( model pembelajaran, akselerasi) - Published Version
Download (637Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pembelajaran Ekonomi kelas X Akselerasi di SMA Negeri 1 Purworejo tahun ajaran 2011/2012. (2) Kendala yang dihadapi dalam pembelajaran Ekonomi kelas X Akselerasi di SMA Negeri 1 Purworejo tahun ajaran 2011/2012. (3) Usaha apa yang dilakukan untuk mengatasi kendala pada pembelajaran Ekonomi kelas X Akselerasi di SMA Negeri 1 Purworejo tahun ajaran 2011/2012. (4) Menganalisis kesulitan belajar siswa kelas X Akselerasi dalam pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Purworejo tahun ajaran 2011/2012. (5) Usaha/solusi yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran Ekonomi kelas X Akselerasi di SMA Negeri 1 Purworejo tahun ajaran 2011/2012? Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Purworejo pada kelas X Akselerasi tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 23 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang berbentuk deskritif artinya bahwa peneliti akan mendeskripsikan/ menceritakan tentang pembelajaran Ekonomi kelas X Akselerasi di SMA Negeri 1 Purworejo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. teknik anaisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Hasil dan kesimpulan penelitian ini adalah 1) Model pembelajaran Ekonomi di kelas X Akselerasi yang digunakan masih cenderung konvensional dengan berpusat pada guru yang kurang melibatkan keaktifan siswa. 2) Dengan penelitian ini sekolah penyelenggara program akselerasi, dalam hal ini SMA Negeri 1 Purworejo akan dapat mengetahui bahwa belum semua guru mampu mengajar dengan ketrampilan mengajar yang diharapkan serta model pembelajaran yang diinginkan karena guru pengajar tidak merasa bahwa model yang digunakan tidak dapat dipahami siswa dalam pembelajan. 3) Pihak SMA Negeri 1 Purworejo dalam hal ini pihak manajemen menjadi lebih selektif dalam menetapkan atau memilih guru/pengajar untuk kelas akselerasi yang mereka membutuhkan pelayanan lebih di bidang pedidikan, sehingga diharapkan siswa akan mampu mencerna semua materi dengan baik. 4) Kesulitaan yang dihadapi siswa Akselerasi SMA Negeri 1 Purworejo dalam pembelajaran ekonomi adalah karena ketidak sesuaian antara materi pelajaran dengan contoh/ cerita yang disampaikan di dalam kelas. 5) Siswa akselerasi selalu berusaha mencari informasi yang lebih banyak terutama dalam materi pembelajaran ekonomi baik melalui buku maupun media lain.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Vignasari Kokasih
    Date Deposited: 25 May 2014 00:25
    Last Modified: 25 May 2014 00:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16278

    Actions (login required)

    View Item