PELAKSANAAN PERATURAN DAERAH KOTAMADYA DAERAH TINGKAT IISURAKARTA NOMOR 2 TAHUN 1983 TENTANG PELAKSANAAN PEMBERIAN IJIN TEMPAT USAHA (STUDI TENTANG IZIN GANGGUAN/HO)

Sabani, Reyzha (2013) PELAKSANAAN PERATURAN DAERAH KOTAMADYA DAERAH TINGKAT IISURAKARTA NOMOR 2 TAHUN 1983 TENTANG PELAKSANAAN PEMBERIAN IJIN TEMPAT USAHA (STUDI TENTANG IZIN GANGGUAN/HO). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF (Izin Gangguan, Tempat Usaha, Lingkungan dan Kepentingan Umum.) - Published Version
Download (633Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan penyelenggaraan Izin Gangguan/HO yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kota Surakarta, dan apa sajahambatan-hambatan yang timbul dalani pelaksanaannya Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris yang bersifat deskiiptif. Penelitian ini mengambil lokasi di Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Surakarta. Jenis sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara dan studi kepustakaan dengan teknik analisa data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dihasilkan kesimpulan: Kesatu, dalam penyelenggaraan Izin Gangguan/HO di Kota Surakarta yang diatur dalam Peraturan Daerah Kotamadya Daerah Tingkat II Surakarta Nomor 2 Tahun 1983 tentang Pelaksanaan Pemberian Ijin Tempat Usaha dalam pelaksanaannya berdasarkan pada Keputusan Waiikota Surakarta Nomor 3-A Tahun 2002 tentang Pedoman Pelaksanaan Ijin Gangguan Tempat Usaha, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 27 Tahun 2009 tentang Pedoman Penetapan Izin Gangguan di Daerah, dan Peraturan Daerah Kota Surakarta Nomor 9 tahun 20 11 tentang Retribusi Daerah. Kedua, Hambatan dalam pelaksanaannya adalah masyarakat yang merasa keberatan dengan didirikannya Tempat Usaha dan kurangnya kesadaran hukum pelaku usalia terhadap lingkungan dan kepentingan umum, sedangkan solusinya dengan eara mediasi dan sosialisasi yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
    Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Vignasari Kokasih
    Date Deposited: 24 May 2014 23:48
    Last Modified: 24 May 2014 23:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16263

    Actions (login required)

    View Item