BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MEDIA PERMAINAN “SMART MONOPOLI” UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS V SD NEGERI TUMENGGUNGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

JAWANDI, AHMAD (2013) BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MEDIA PERMAINAN “SMART MONOPOLI” UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS V SD NEGERI TUMENGGUNGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF (layanan bimbingan kelompok, permainan smart monopoli, kreativitas.) - Published Version
Download (781Kb) | Preview

    Abstract

    The purpose of this study was to determine the effectiveness of the group guidance services through media smart monopoly game to the development of creativity of a elementary school students in class V Tlogorejo Temanggung year 2012/2013. This research is the design of experiment with the type of treatment by subject design. The subject of the research were all of the elementary school students in class V Tumenggungan Surakarta year 2012/2013 wich account for 40 students. Data subject derived from primer data who is the students. Using data collection instruments that is verbal creativity tests. Analysis of data using t test techniques with SPSS applications. Based on the result of hypothesis, it is known that there are development of creativity before and after treatment by group guidance services through media smart monopoly game that is t calculated = 17.460 compared with t table = 0,023 or t calculated > t table (0,000 with significance < 0,05). The result of the research that group guidance services through media smart monopoly game is efective to develop the creativity with peer group in Elementary School students class V Tumenggungan Surakarta academic year 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan media permaian smart monopoli terhadap peningkatan kreativitas siswa kelas V SD Negeri Tumenggungan Surakarta Tahun Pelajaran 2012/1013. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian Treatment by Subject Design. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Tumenggungan Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 40 siswa. Sumber data berasal dari data primer, yaitu siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes kreativitas verbal. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus t-test dengan memanfaatkan aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diketahui bahwa ada peningkatan kreativitas sebelum dan sesudah diberi treatment berupa layanan bimbingan kelompok dengan media permainan smart monopoli, yaitu t hitung = 17.460 dibandingkan dengan t tabel = 0,023 atau t hitung > t tabel (dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05). Maka disimpulkan layanan bimbingan kelompok dengan media permainan smart monopoli efektif untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas V SD Negeri Tumenggungan Surakarta Tahun pelajaran 2012/2013.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Vignasari Kokasih
    Date Deposited: 14 May 2014 22:31
    Last Modified: 14 May 2014 22:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16242

    Actions (login required)

    View Item