ANALISIS PENGARUH LIKUIDITAS, LEVERAGE, OPERATING EFFICIENCY, PROFITABILITAS, FIRM SIZE DAN GROWTH TERHADAP RISIKO SISTEMATIS (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2008 – 2011)

Laksanawati, Tutut Dwi (2013) ANALISIS PENGARUH LIKUIDITAS, LEVERAGE, OPERATING EFFICIENCY, PROFITABILITAS, FIRM SIZE DAN GROWTH TERHADAP RISIKO SISTEMATIS (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2008 – 2011). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (400Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh-pengaruh likuiditas, leverage, operating efficiency, profitabilitas, firm size dan growth terhadap risko sistematis perusahaan-perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2008 hingga 2011. Permasalahan dari penelitian ini adalah karena adanya kontradiksi antara teori dengan fakta yang ada mengenai pengaruh-pengaruh likuiditas, leverage, operating efficiency, profitabilitas, firm size dan growth terhadap risko sistematis. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, sampel sebanyak 76 perusahaan yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan dengan jangka waktu penelitian 2008-2011. Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda yang dijalankan dengan SPSS 20 dan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji koefisien regresi parsial serta F-Statistik untuk menguji pengaruh secara simultan. Selain itu sebelumnya juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji Normalitas, uji Multikolinearitas, uji Heteroskedastisitas, dan uji Autokorelasi. Pengolahan data dengan teknik analisis regresi berganda memberikan simpulan bahwa (1) likuiditas, operating effeciency, profitabilitas dan firm size mempunyai pengaruh yang tidak signifikan terhadap risiko sistematis.(2) leverage mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap risiko sistematis. (3)variabelgrowth mempunyai pengaruh negatif dan signifikan terhadap risiko sistematis. Berdasarkan temuan diatas, maka manajemen dan invstor dapat menjadikan leverage dan growth sebagai ukuran untuk menentukan risiko sistematis perusahaan Kata Kunci : likuiditas, leverage, operating efficiency, profitabilitas, firm size, growth, risko sistematis

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Depositing User: Prima Adi Pradana
    Date Deposited: 13 May 2014 23:45
    Last Modified: 13 May 2014 23:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16235

    Actions (login required)

    View Item