PENGARUH PERILAKU KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF PADA KOMITMEN ORGANISASIONAL YANG DIMEDIASI OLEH PEMBERDAYAAN (Studi pada Karyawan Dinas Pekerjaan Umum Surakarta)

Kurniawan, Ardika Adheyaksa Irmansyah (2014) PENGARUH PERILAKU KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF PADA KOMITMEN ORGANISASIONAL YANG DIMEDIASI OLEH PEMBERDAYAAN (Studi pada Karyawan Dinas Pekerjaan Umum Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (447Kb) | Preview

    Abstract

    Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) perilaku kepemimpinan partisipatif pada pemberdayaan; 2) perilaku pemberdayaan pada komitmen organisasi; 3) perilaku kepemimpinan partisipatif pada komitmen organisasi; dan 4) pemberdayaan dalam memediasi pengaruh perilaku kepemimpinan partisipatif pada komitmen organisasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan di Kantor Dinas Pekerjaan Umum Surakarta yang berjumlah 124 orang pegawai berstatus PNS hingga akhir September 2012 dengan sampel penelitian yang diambil sebanyak 95 orang karyawan Dinas Pekejaan Umum. Pangambilan sampel menggunakan metode probability sampling yaitu dengan proportionate random sampling. Metode penelitian yang digunakan metode kuantitatif dengan alat analisis menggunakan metode regresi linier berganda untuk menguji hipotesis penelitian yang diajukkan dalam penelitian ini, uji CFA (confirmatory factor analysis) untuk uji validitas, uji reliabilitas untuk menguji tingkat kehandalan instrumen penelitian, dan asumsi klasik (normalitas, multikolinieritas, dan heteroskedastisitas) sebagai prasyarat data dinyatakan BLUE (best, linear, unbiased, estimator). Hasil pengujian menunjukkan intrumen yang digunakan telah valid dan reliabel, serta data tidak mengalami masalah asumsi klasik (BLUE). Berdasarkan penyebaran kuisioner 95 eksemplar dan kembali seluruhnya, maka beradasarkan 95 responden didistribusikan berdasarkan jenis kelamin bahwa responden terbanyak adalah yang berjenis kelamin pria sebanyak 81 responden atau 85,3%. Distribusi penyebaran kuisioner berdasarkan umur responden bahwa responden yang terbanyak adalah yang berumur antara 41 sampai 50 tahun sebanyak 37 responden atau 38,9%. Distribusi penyebaran kuisioner berdasarkan pendidikan terakhir responden bahwa responden yang terbanyak adalah yang berpendidikan terakhir SMA sebanyak 53 responden atau 55,8%. Hipotesis pertama, kedua dan keempat yang diajukan dalam penelitian ini terbukti (didukung), hal tersebut dapat dilihat pada nilai probabilitas < 0,05. Hasil dalam penelitian ini membuktikan bahwa pemberdayaan memediasi secara penuh pengaruh kepemimpinan yang diberikan perusahaan untuk meningkatkan komitmen organisasi karyawan. Hipotesis ketiga dalam penelitian tidak terbukti, bahwa kepemimpinan berpengaruh signifikan secara langsung pada komitment organisasi (probabilitas > 0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan partisipatif tidak dapat mempengaruhi komitmen organisasional tanpa dimediasi oleh pemberdayaan psikologis. Kata Kunci: Perilaku Kepemimpinan Partisipatif, Komitmen Organisasional, Pemberdayaan, dan DPU.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Mohammad Fatchurrohman
    Date Deposited: 11 May 2014 06:48
    Last Modified: 11 May 2014 06:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16194

    Actions (login required)

    View Item