ADMINISTRASI PENJUALAN PRODUK PADA PT. LOMBOK GANDARIA FOOD INDUSTRY KARANGANYAR

Ruhzana, Riefki Amelia (2014) ADMINISTRASI PENJUALAN PRODUK PADA PT. LOMBOK GANDARIA FOOD INDUSTRY KARANGANYAR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (276Kb) | Preview

    Abstract

    Penjualan produk merupakan aspek utama pada suatu perusahaan. Penyusunan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui lebih jelas bagaimana administrasi penjualan produk pada PT. Lombok Gandaria Food Industry Jaten Karanganyar. Pengamatan ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif untuk memperoleh gambaran secara sistematis mengenai fakta-fakta yang ada dengan diikuti teori yang mendukung dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara observasi,dan mengkaji dokumen yang berhubungan dengan pengamatan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisisa interaktif yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil pengamatan diketahui bahwa administrasi penjualan produk ada 4 tahap, yaitu pertama prosedur pesanan yang ditangani bagian penjualan pada bagian ini pihak admin penjualan dan salesman wajib meneliti keabsahan surat permintaan barang dan membuat surat jalan sesuai prosedur pemesanan pada PT. Lombok Gandaria Food Industry Jaten Karanganayar. Langkah kedua prosedur pembuatan faktur yaitu pembuatan surat jalan/DO yang telah dibuatkan admin distrik setelah barang tersebut siap kirim dari gudang barang jadi salesman dan tim drop membuat faktur penjualan sebagai laporan penjualan setiap harinya. Langkah ketiga dalam kegiatan administrasi penjualan, perincian penjualan membahas cara penjualan dari pembuatan surat jalan,pengepakan sampai pengiriman.Langkah terakhir administrasi penjualan dibagian piutang menguraikan tentang proses penagihan kas,proses penerimaan kas serta pengeluaran kas yang nanti akan dilaporkan pada bagian pembukuan.Hambatan dalam kegiatan penjualan diantaranya kesalahan pengiriman dan adanya retur barang. Upaya mengatasi hambatan tersebut dengan perlunya kehati-hatian dan ketelitian oleh pihak yang terkait dalam proses penjualan. Kata Kunci : Administrasi, Penjualan, Produk

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Mohammad Fatchurrohman
    Date Deposited: 11 May 2014 06:30
    Last Modified: 11 May 2014 06:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16190

    Actions (login required)

    View Item