PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA POKOK BAHASAN FLUIDA DI SMKN 6 SURAKARTA

Putri, Dwi Fista Setyo (2014) PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA POKOK BAHASAN FLUIDA DI SMKN 6 SURAKARTA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (970Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis kelayakan modul interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada pokok bahasan fluida untuk siswa SMK kelas XI; (2) menganalisis efektivitas modul interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada pokok bahasan fluida untuk siswa SMK kelas XI yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah research and development untuk mengembangkan modul interaktif berbasis inkuiri terbimbing. Sampel pengembangan meliputi sampel validasi produk sejumlah 6 validator, sampel uji coba terbatas sejumlah 10 orang siswa, dan sampel uji coba diperluas sejumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data dimulai dengan tahap studi pendahuluan, desain produk, validasi draf I, uji coba produk secara terbatas dan diperluas. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi modul, silabus, RPP, kisi-kisi soal hasil belajar, serta angket respon siswa. Kelayakan modul interaktif berbasis inkuiri terbimbing, modul divalidasi oleh 2 ahli, 2 guru fisika SMK dan 2 teman sejawat serta respon siswa uji coba terbatas. Data hasil penelitian adalah data kualitatif (data interval) dengan skala empat. Efektivitas modul interaktif berbasis inkuiri terbimbing, diambil data nilai pretes dan postes pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, kemudian dicari Ngainnya. Ngain untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol dianalisis dengan independent samples t test menggunakan program SPSS 17, sedangkan data hasil belajar afektif dan psikomotorik dianalisis dengan mengubah skor rata-rata menjadi nilai dengan kriteria. Kesimpulan penelitian ini: (1) modul interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada pokok bahasan fluida yang dikembangkan layak digunakan untuk pembelajaran; (2) modul interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada pokok bahasan fluida yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Rata-rata Ngain siswa yang belajar menggunakan modul interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada pokok bahasan fluida yang dikembangkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata Ngain siswa yang belajar menggunakan modul LKS. Kata kunci: modul, inkuiri terbimbing, fluida

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Mohammad Fatchurrohman
    Date Deposited: 11 May 2014 05:44
    Last Modified: 11 May 2014 05:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16179

    Actions (login required)

    View Item