KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI PENERAPAN ACCELERATED LEARNING SISWA KELAS X SMA NEGERI KARANGANDAN KARANGANYAR.

Fitriani, Asih (2014) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI PENERAPAN ACCELERATED LEARNING SISWA KELAS X SMA NEGERI KARANGANDAN KARANGANYAR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (850Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan accelerated learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran biologi kelas X SMA Negeri Karangpandan Karanganyar. Tujuan penelitian ini dilatar belakangi oleh penyelenggaraan proses pembelajaran biologi saat ini belum mampu memunculkan peran aktif siswa dalam pembelajaran. Hal ini menyebabkan siswa kurang dalam memahami materi dan tujuan dari pembelajaran biologi tidak tercapai. Siswa cenderung pasif dan tidak bisa mengeluarkan pemikirannya dengan bebas. Salah satu pendekatan alternatif yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah Accelerated Learning (AL). Penelitian ini termasuk dalam eksperimen semu dengan desain penelitian adalah Post-test Non Equivalent Control Group Design. Penelitian ini menerapkan pendekatan accelerated learning pada kelompok eksperimen dan pendekatan deduktif dengan metode diskusi, ceramah dan tanya jawab pada kelompok kontrol. Populasi penelitian adalah seluruh siswa siswa kelas X SMA Negeri Karangpandan Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013. Teknik pengambilan sampel dengan cluster sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan non tes. Metode tes menggunaan soal uraian dan metode non tes dengan dokumentasi dan observasi. Uji hipotesis menggunakan uji-t. Kesimpulan dari penelitian yaitu pendekatan AL berpengaruh nyata terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri Karangpandan. Kata Kunci : pendekatan accelerated learning, kemampuan berpikir kritis.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Mohammad Fatchurrohman
    Date Deposited: 11 May 2014 05:37
    Last Modified: 11 May 2014 05:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16177

    Actions (login required)

    View Item