PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DISERTAI ARTIKEL ILMIAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X3 SMA NEGERI 2 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2012/2013.

Nurcholis, Adi (2014) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DISERTAI ARTIKEL ILMIAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X3 SMA NEGERI 2 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (714Kb) | Preview

    Abstract

    Adhi Nurcholis. K4309003. PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DISERTAI ARTIKEL ILMIAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X3 SMA NEGERI 2 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2013 Penelitian dilakukan dengan tujuan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui penerapan Problem Based Learning di kelas X3 SMA N 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang dirancang dalam beberapa siklus meliputi 4 tahapan pada masingmasing siklus yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X3 SMAN 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik test (soal uraian) dan teknik nontest (observasi dan dokumentasi). Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif serta validasi data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa meningkat pada Prasiklus, Siklus I, Siklus II, Siklus III meliputi empat aspek kemampuan berpikir kreatif. Peningkatan aspek kelancaran Siklus I (54,55% ke 70,00%); aspek keluwesan meningkat dari 37,05% menjadi 57,14%. Aspek keaslian Siklus I (48,86% ke 51,14%); aspek kerincian Siklus I (56,25% ke 73,86%); aspek kelancaran Siklus II (70,00% ke 86,82%); aspek keluwesan Siklus II (57,14% ke 76,36%); aspek keaslian Siklus II (51,14% ke 86,36%); aspek kerincian Siklus II (73,86% ke 93,64%); Data Siklus III menunjukkan kenaikan aspek kelancaran (86,82% ke 87,27%); aspek keluwesan Siklus III (76,36% menjadi 84,09%); aspek keaslian Siklus III (86,36% ke 86,82%); aspek kerincian Siklus III (93,64% ke 97,27%). Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) disertai artikel ilmiah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X3 SMAN 2 Boyolali Kata Kunci: model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), artikel ilmiah, kemampuan berpikir kreatif.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Mohammad Fatchurrohman
    Date Deposited: 11 May 2014 05:22
    Last Modified: 11 May 2014 05:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16173

    Actions (login required)

    View Item