EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODELKOOPERATIF PENDEKATAN STRUKTURAL TIPE “THINKPAIR- SHARE” PADA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN DITINJAU DARI MINAT BELAJARMATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I MASARANTAHUN AJARAN 2011/2012

Wibowo, Suji (2014) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODELKOOPERATIF PENDEKATAN STRUKTURAL TIPE “THINKPAIR- SHARE” PADA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN DITINJAU DARI MINAT BELAJARMATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I MASARANTAHUN AJARAN 2011/2012. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (964Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan struktural tipe “Think-Pair-Share” dapat menghasilkan prestasi belajar matematika pada materi garis singgung lingkaran yang lebih baik dari pada penggunaan model pembelajaran konvesional.(2) apakah terdapat pengaruh minat belajar matematika siswa terhadap prestasi belajar matematika pada materi garis singgung lingkaran. (3) apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan minat belajar matematika siswa terhadap prestasi belajar siswa pada materi garis singgung lingkaran. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental semu.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Masaran tahun ajaran 2011/2012 yang terdiri dari delapan kelas.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen sebanyak 36 siswa dan kelas VIIIA sebagai kelas kontrol sebanyak 32 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) metode dokumentasi untuk data kondisi awal siswa sebelum penelitian dan sebagai salah satu pertimbangan penelitian (2) metode angket untuk data minat belajar matematika siswa (3) metode tes untuk data prestasi belajar matematika siswa pada materi garis singgung lingkaran. Uji coba instrumen dilakukan di SMPNegeri 2Masaran.Sebagai persyaratan penelitian dilakukan uji keseimbangan dengan uji-t. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan sel tak sama dengan uji persyaratan analisis data adalah uji normalitas dengan metode Liliefors dan uji homogenitas dengan metode Bartlett. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) pembelajaran matematika pada materi garis singgung lingkaran dengan model kooperatif pendekatan struktural tipe “Think-Pair-Share” dapat menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baikdibandingkan dengan model konvensional pada materi garis singgung lingkaran. (2) prestasi belajar siswa dengan minat belajar tinggi lebih baik dibandingkan siswa dengan minat belajar sedang, prestasi belajar siswa dengan minat belajar tinggi lebih baik dibandingkan siswa dengan minat belajar rendah dan prestasi belajar siswa dengan minat belajar sedang lebih baik dibandingkan siswa dengan minat belajar rendah.(3) prestasi belajar siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan struktural tipe “Think-Pair-Share”lebih baik daripada siswa yang diberi model pembelajaran konvensional untuk siswa dengan minat belajar tinggi, sedang maupun rendah padamateri garis singgung lingkaran.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Mohammad Fatchurrohman
    Date Deposited: 11 May 2014 05:09
    Last Modified: 11 May 2014 05:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16170

    Actions (login required)

    View Item