PERSEPSI PASIEN PENGGUNA KARTU PEMELIHARAAN KESEHATAN MASYARAKAT SURAKARTA (PKMS) TERHADAP MUTU PELAYANAN DI UPTD PUSKESMAS PAJANG SURAKARTA DENGAN PARAMETER NILAI INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM)

Putranti, Sari Dewi (2014) PERSEPSI PASIEN PENGGUNA KARTU PEMELIHARAAN KESEHATAN MASYARAKAT SURAKARTA (PKMS) TERHADAP MUTU PELAYANAN DI UPTD PUSKESMAS PAJANG SURAKARTA DENGAN PARAMETER NILAI INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (519Kb) | Preview

    Abstract

    Puskesmas sebagai sarana pelayanan kesehatan terdepan bertanggung jawab dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan masyarakat dengan mutu yang baik dan dengan biaya yang terjangkau oleh masyarakat, salah satunya pengguna kartu PKMS. Dalam rangka meningkatkan kunjungan pasien maka Puskesmas harus mampu menampilkan dan memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan bermutu sehingga mampu memberikan kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pasien pengguna kartu PKMS terhadap mutupelayanan di UPTD Puskesmas Pajang Surakarta dengan parameter nilai IKM. Penelitian ini termasuk penelitian non eksperimental. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada 150 orang responden.Data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif.Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive samplingdengan kriteria inklusi pasien pengguna kartu PKMS di UPTD Puskesmas Pajang yang mendapatkan pelayanan kesehatan dan bersedia menjadi responden. Dari penelitian, diperoleh hasil bahwa mutu pelayanan di Puskesmas Pajang Surakarta bernilai B, dengan memperoleh nilai IKM sebesar 76,077. Kata Kunci : persepsi pasien, mutu pelayanan, Indeks Kepuasan Masyarakat, Puskesmas.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Mohammad Fatchurrohman
    Date Deposited: 11 May 2014 04:47
    Last Modified: 11 May 2014 04:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16167

    Actions (login required)

    View Item