ANALISIS PENGARUH SUMBER DANA PERIMBANGAN TERHADAP REALISASI BELANJA LANGSUNG PROVINSI JAWA TENGAH (Studi Pada Pemerintah Kabupaten/Kota di Jawa Tengah 2010-2012)

KUSNDAYANI, SITI (2013) ANALISIS PENGARUH SUMBER DANA PERIMBANGAN TERHADAP REALISASI BELANJA LANGSUNG PROVINSI JAWA TENGAH (Studi Pada Pemerintah Kabupaten/Kota di Jawa Tengah 2010-2012). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF (Dana Bagi Hasil (DBH), Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus, Belanja Langsung, Laporan Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)) - Published Version
Download (1440Kb) | Preview

    Abstract

    Provinsi Jawa Tengah memiliki sumber-sumber pendapatan dan kekayaan alam yang melimpah di setiap daerahnya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh Sumber Dana Perimbangan yang terdiri dari Dana Bagi Hasil (DBH), Dana Alokasi Umum (DAU), dan Dana Alokasi Khusus (DAK) terhadap Belanja Langsung di Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 35 daerah di Jawa Tengah yang bersumber dari Laporan Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dari tahun 2010 hingga 2012. Metode pengambilan sampel menggunakan metode sensus dengan mengambil seluruh populasi. Metode yang digunakan penelitian adalah regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Dana Alokasi Umum saja yang mempunyai pengaruh positif terhadap Belanja Langsung. Jika dilihat lebih lanjut, tingkat ketergantungan Belanja Langsung lebih dominan terhadap Dana Alokasi Umum.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Lia Primadani
    Date Deposited: 11 May 2014 01:10
    Last Modified: 11 May 2014 01:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16149

    Actions (login required)

    View Item