AH PENGEMBANGAN SISTEM PEMBAYARAN PADA PDAM KARANGANYAR GUNA MENEKAN KETERLAMBATAN PEMBAYARAN REKENENING AIR (Studi kasus pada PDAM Tirta Lawu Karanganyar)

DEWI, YOSVITA SOPHIANA (2013) AH PENGEMBANGAN SISTEM PEMBAYARAN PADA PDAM KARANGANYAR GUNA MENEKAN KETERLAMBATAN PEMBAYARAN REKENENING AIR (Studi kasus pada PDAM Tirta Lawu Karanganyar). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF (Pelayanan, pengembangan pembayaran) - Published Version
Download (346Kb) | Preview

    Abstract

    Saat ini sektor jasa mengalami peningkatan yang baik dibandingkan tahuntahun sebelumnya. Hal ini bisa dilihat karena semakin menjamurnya pasar-pasar industry jasa seperti perbankan dan maraknya penggunaan jasa on line atau dunia maya yang semakin menyadari perlunya peningkatan orientasi kepada pelanggan atau konsumen. di PDAM Tirta Lawu Karanganyar dengan cara mengembangkan cara pembayaran. Penelitian ini dilakukan di PDAM Tirta Lawu Karanganyar yang beralamat di Komplek Perkantoran Cangakan Karanganyar, Telp (0271) 495211 Fax.(0271) 495614. Dengan cara membandingkan antara pelanggan yang tepat dan tidak tepat membayar setelah adanya pengembangan pembayaran dan sebelum adanya pengembangan pembayaran. Dari Penelitian yang di lakukan di PDAM Tirta Lawu Karanganyar langkah pengembangan cara pembayaran air yang dilakukan oleh PDAM Tirta Lawu Karanganyar serta cara mengurangi jumlah keterlambatan pembayaran rekening air. Berdasarkan hasil penelitian ini, dilihat dari hasil analisis data yang diperoleh setelah adanya penambahan cara pembayaran melalui bank, PPOB, serta Layanan Mobil PARSIH. Penurunan jumlah keterlambatan pembayaran sebanyak 11649 pelanggan. Penurunan keterlambatan paling banyak terdapat di unit perum palur yaitu sebanyak 1560 pelanggan dari keseluruhan pelanggan unit perum palur. Sedangkan penurunan paling sedikit terdapat di unit Karangpandan yaitu sebanyak 839 pelanggan dari keseluruhan jumlah pelanggan unit karangpandan. Kata Kunci : Pelayanan, pengembangan pembayaran.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Lia Primadani
    Date Deposited: 10 May 2014 23:31
    Last Modified: 10 May 2014 23:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16118

    Actions (login required)

    View Item