Tinjauan Prinsip-prinsip Ergonomi dalam Perbaikan Sarana Pembelajaran di Prodi Pendidikan Teknik Mesin UNS

Widiastuti, Indah (2006) Tinjauan Prinsip-prinsip Ergonomi dalam Perbaikan Sarana Pembelajaran di Prodi Pendidikan Teknik Mesin UNS. Performa, 5 (1). pp. 87-92.

[img] PDF - Published Version
Download (80Kb)

    Abstract

    Perbaikan sarana pembelajaran ditujukan untuk menciptakan lingkungan belajar yang mampu meningkatkan kenyamanan, keselamatan mahasiswa dalam proses pembelajaran. Prinsip-prinsip ergonomi diterapkan pada perancangan fasilitas belajar untuk menyesuaikan fasilitas dan lingkungan belajar dengan penggunanya, yaitu mahasiswa. Pada penelitian ini dilakukan suatu studi untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kenyamanan dan pengaturan fasilitas belajar di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin UNS yang dirasakan oleh mahasiswa. Fokus penelitian adalah sarana pembelajaran di ruang kuliah, ruang praktek kerja bangku, ruang praktek pemesinan dan laboratorium CAD & Komputasi. Berdasarkan pertimbangan faktor-faktor tersebut, penulis memberikan beberapa rekomendasi untuk perbaikan sarana pembelajaran dengan meninjau berdasarkan prinsip- prinsip ergonomi. Keywords : perancangan fasilitas belajar, ergonomi, kenyamanan belajar.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Industri
    Depositing User: Budianto Erwin
    Date Deposited: 09 Jul 2013 20:30
    Last Modified: 09 Jul 2013 20:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/1609

    Actions (login required)

    View Item