PERBEDAAN PENGARUH MODIFIKASI PERALATAN DAN KOORDINASI MATA-TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN TEMBAKAN BEBAS BOLA BASKET PADA SISWA PUTRA KELAS VIII SMP NEGERI 25 SURAKARTA TAHUN 2010/2011

Prasetya, Sigit Dwi (2012) PERBEDAAN PENGARUH MODIFIKASI PERALATAN DAN KOORDINASI MATA-TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN TEMBAKAN BEBAS BOLA BASKET PADA SISWA PUTRA KELAS VIII SMP NEGERI 25 SURAKARTA TAHUN 2010/2011. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (938Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh pembelajaran tembakan bebas dengan ketinggian ring basket tetap dan modifikasi ketinggian ring basket terhadap kemampuan tembakan bebas bola basket pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 25 Surakarta tahun pelajaran 2010/2011. (2) Perbedaan kemampuan tembakan bebas antara siswa yang memiliki koordinasi mata-tangan tinggi dengan siswa yang memiliki koordinasi mata-tangan rendah pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 25 Surakarta tahun pelajaran 2010/2011. (3) Ada tidaknya interaksi antara pembelajaran tembakan bebas bola basket dan koordinasi mata-tangan terhadap kemampuan tembakan bebas bola basket pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 25 Surakarta tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian siswa putra kelas VIII SMP Negeri 25 Surakarta tahun pelajaran 2010/2011 berjumlah 110 orang yang terbagi enam kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan berdasarkan koordinasi mata-tangan yaitu: 20 siswa dengan kategori koordinasi mata-tangan tinggi dan 20 siswa dengan kategori koordinasi mata-tangan rendah. Teknik pengumpulan data dengan tes dan pengukuran, yaitu untuk mengukur koordinasi mata-tangan dengan tes lempar tangkap bola tenis. Untuk mengukur kemampuan tembakan bebas bola basket dengan tes tembakan hukuman dalam permainan bola basket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis varians 2 X 2 dilanjutkan dengan Newman-Keuls. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan sebagi berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara pembelajaran tembakan bebas dengan ketinggian ring basket tetap dan modifikasi ketinggian ring basket terhadap basket pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 25 Surakarta tahun pelajaran 2010/201. Dari hasil analisis data menunjukkan Fo = 6.01 > Ft 4.11. (2) Ada perbedaan kemampuan tembakan bebas antara siswa yang memiliki koordinasi mata-tangan tinggi dengan siswa yang memiliki koordinasi mata-tangan rendah pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 25 Surakarta tahun pelajaran 2010/2011. Dari hasil analisis data menunjukkan Fo = 4.51 > Ft 4.11. (3) Tidak ada interaksi antara pembelajaran tembakan bebas bola basket dan koordinasi mata-tangan terhadap kemampuan tembakan bebas pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 25 Surakarta tahun pelajaran 2010/2011. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa Fhitung = 1.31 > Ftabel = 4,11. Tinggi rendahnya koordinasi mata-tangan yang dimiliki siswa putra kelas VIII SMP Negeri 25 Surakarta tahun pelajaran 2010/2011 tidak berpengaruh dalam pembelajaran tembakan bebas bola basket.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Nur Anisah
    Date Deposited: 10 May 2014 20:17
    Last Modified: 10 May 2014 20:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16066

    Actions (login required)

    View Item