KEEFEKTIFAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN TEKNIK DASAR MEMANAH DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI (Eksperimen Pembelajaran dengan Metode Taktis dan Drill Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Pendidikan Ganesha)

Putra, I Putu Eka Wijaya (2013) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN TEKNIK DASAR MEMANAH DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI (Eksperimen Pembelajaran dengan Metode Taktis dan Drill Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Pendidikan Ganesha). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (632Kb) | Preview

    Abstract

    This research aimed to find out: 1) the different effect of learning approach using Tactical and Drill methods on memanah (shoot with a bow and arrow) basic technique skill, 2) the different improvement of memanah basic technique skill between the students with high, medium, and low achievement motivation, and 3) the interaction effect between learning approach and achievement motivation on memanah basic technique skill. This research method belonged to “field experiment” one with a 2 x 3 factorial design. The research of population was all male students of Achievement Guidance in Sport and Health Faculty – Undiksha Singaraja, with the sample of 60 students. The variable of research consisted of independent one: tactical and drill method learning approaches, dependent one: the improvement of memanah basic technique skill, and attributive one: achievement motivation. The research was conducted 3 times a week, for 24 meeting in panahan field of Undiksha. The data of improved memanah basic technique skill before and after treatment was analyzed statistically using 2-path variance analysis at significance value of 5%. Considering the data analysis, it could be concluded that: (1) there was an effect of learning approach using tactical and drill method on the improvement of memanah basic technique skill of 101.70 and 67.67, respectively for tactical and drill methods, (2) there was a difference of memanah basic technique skill improvement result between the students with high, medium, and low achievement motivation of 133.70, 78.90, and 44.45, respectively, and (3) there was an interaction effect between learning approach and achievement motivation on the improvement of memanah basic technique skill as indicated by p-value (0.000) < α (0.05) or F0 (24.114) > Ftable (3.168). Keywords: Tactical method, Drill Method, Achievement motivation and the improvement of memanah basic technique skill. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) perbedaan pengaruh pendekatan pembelajaran menggunakan metode Taktis dan Drill terhadap peningkatan keterampilan teknik dasar memanah, 2) perbedaan peningkatan keterampilan teknik dasar memanah antara mahasiswa yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi, sedang, dan rendah, dan 3) pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan motivasi berprestasi keterampilan teknik dasar memanah. terhadap peningkatan Metode penelitian ini termasuk “eksperimen lapangan” dengan rancangan faktorial 2 X 3. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa putra Bimbingan Prestasi FOK-Undiksha Singaraja, sampel penelitian sebanyak 60 orang. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas; pendekatan pembelajaran metode taktis dan drill, variabel terikat; peningkatan keterampilan teknik dasar memanah, dan variabel atributif; motivasi berpestasi. Penelitian ini dilakukan 3 kali setiap minggu, selama 24 kali pertemuan bertempat di lapangan panahan Undiksha. Data peningkatan keterampilan teknik dasar memanah sebelum dan sesudah perlakuan dianalisis secara statistika dengan menggunakan Analisis Varians 2 jalur pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh pendekatan pembelajaran menggunakan metode taktis dan drill terhadap peningkatan keterampilan teknik dasar memanah. Masing-masing; untuk metode taktis adalah 101,70 dan untuk metode drill adalah 67,67, (2) Ada perbedaan hasil peningkatan keterampilan teknik dasar memanah antara mahasiswa yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi, sedang, dan rendah, masing-masing; untuk kelompok motivasi berprestasi tinggi adalah 133,70, motivasi berprestasi sedang adalah 78,90, motivasi berprestasi rendah adalah 44,45 (3) ada pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap peningkatan keterampilan teknik dasar memanah dibuktikan p-value = (0,000) < (0,05) atau juga F0 (24,114) > Ftabel (3,168). Kata kunci : Metode Taktis, Metode Drill, Motivasi Berprestasi dan Peningkatan Keterampilan Teknik Dasar Memanah

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Keolahragaan
    Depositing User: Nur Anisah
    Date Deposited: 10 May 2014 19:30
    Last Modified: 10 May 2014 19:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16013

    Actions (login required)

    View Item