PERBEDAAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAPPENGETAHUAN PEMASANGAN KONTRASEPSI IUD (PRODI D III KEBIDANAN STIKES BINA SEHAT PPNI MOJOKERTO)

SA’DIYA, LIDA KHALIMATUS (2013) PERBEDAAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAPPENGETAHUAN PEMASANGAN KONTRASEPSI IUD (PRODI D III KEBIDANAN STIKES BINA SEHAT PPNI MOJOKERTO). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF (Metode pembelajaran. Minat belajar. Pengetahuan ) - Published Version
Download (1070Kb) | Preview

    Abstract

    Background : Learning is a fundamental element in the administration of every type and level of education. To determine its effectiveness can be seen from the knowledge of students. This can be affected by interest and learning methods. Research Purposes: This study aimed to (1) To analyze the influence of demonstration method and lecture with videos against knowledge of IUD contraception insertion. (2) Analyze the effect of learning interest fixing in the knowledge of IUD contraceptive insertion. (3) To analyze the effect of interaction between demonstration methods and lecture with video against knowledge of IUD contraceptive insertion in terms of learning interests mounting. Subjects and Methods: quasi-experimental study, the design of post-test only control group design. The samples are 84 students. The research instruments shaped questionnaire about learning interests and knowledge checklists is valid and reliable. Results: There were (1) there is no significant effect of the use of demonstration learning methods and lectures with video (p = 0.971). (2) There is significant effect of high and low learning interests against knowledge of IUD insertion (p = 0.036). (3) There is no effect of the interaction between learning methods and learning interests against knowledge of IUD contraceptive insertion (p = 0.075). Conclusion : The results of this study concluded (1) there is no significant relationship between demonstration learning method and lecture with video, (2) there is significant relationship between high and low learning interests against knowledge of IUD insertion, (3) there is no interaction effect between learning methods and learning interests against knowledge of IUD contraceptive insertion. Latar Belakang : Belajar merupakan unsur yang sangat fundamental dalam penyelenggaraan setiap jenis dan jenjang pendidikan. Untuk mengetahui efektifitasnya dapat dilihat dari pengetahuan mahasiswa. Hal ini dapat dipengaruhi oleh minat dan metode pembelajaran. Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis pengaruh metode pembelajaran terhadap pengetahuan pemasangan kontrasepsi IUD. (2) Menganalisis pengaruh minat belajar terhadap pengetahuan pemasangan kontrasepsi IUD. (3) Menganalisis interaksi pengaruh antara metode pembelajaran dan minat belajar terhadap pengetahuan pemasangan kontrasepsi IUD. Metode : Penelitian kuasi eksperimen, dengan rancangan post test only control grup design, Sampel yang digunakan sebanyak 84 mahasiswa.Instrumen penelitian berbentuk kuesioner yaitu minat belajar dan ceklis pengetahuan semua dinyatakan valid dan reliable. Hasil : Didapatkan (1) tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode pembelajaran demonstrasi dan ceramah dengan video (p = 0,971). (2) terdapat pengaruh yang signifikan dari minat belajar tinggi dan rendah terhadap pengetahuan pemasangan IUD (p = 0,036). (3) tidak terdapat interaksi pengaruh metode pembelajaran dan minat belajar terhadap pengetahuan pemasangan kontrasepsi IUD (p = 0,075). Kesimpulan : dari hasil penelitian dapat disimpulkan (1) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran demonstrasi dan ceramah dengan video (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar tinggi dan rendah terhadap pengetahuan pemasangan IUD (3) tidak terdapat interaksi pengaruh antara metode pembelajaran dan minat belajar terhadap pengetahuan pemasangan kontrasepsi IUD.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Depositing User: Vignasari Kokasih
    Date Deposited: 10 May 2014 19:15
    Last Modified: 10 May 2014 19:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15997

    Actions (login required)

    View Item