PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN TEKNIK INDEX CARD MATH BERBASIS IT DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA DAN PEMAHAMAN NILAI SEJARAH (Penelitian Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri I Ngemplak, Boyolali)

AMRIKASARI, NOERANTI (2013) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN TEKNIK INDEX CARD MATH BERBASIS IT DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA DAN PEMAHAMAN NILAI SEJARAH (Penelitian Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri I Ngemplak, Boyolali). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (945Kb) | Preview

    Abstract

    The objective of research was to analyze: (1) the application of learning cooperative model with IT-based Index Card Math technique to improve the student critical thinking of XI Science Graders of SMA Negeri 1 Ngemplak, Boyolali in the school year of 2012/2013, and (2) the application of learning cooperative model with IT-based Index Card Math technique to improve the historical value of XI Science Graders of SMA Negeri 1 Ngemplak, Boyolali in the school year of 2012/2013. This study was a classroom action research. This study was carried out in three cycles, each of which consisting of: (1) planning, (2) acting, (3) observing, and (4) reflection. The learning was undertaken in three cycles carried out in one basic competency. The techniques of collecting data carried out in three steps: (1) observation, (2) test, and (3) questionnaire. From the implementation of action, the following results were found: critical thinking objective test was 46.67% in cycle I, 73.3% in cycle II, and 83.33% in cycle III. Critical thinking questionnaire was 65.05% in cycle I, 70.72% in cycle II, and 81.03% in cycle III. The score of historical value understanding was 26.6% in pre-cycle, 30% for pretest and 43.33% for posttest in cycle I, 67.74% for pretest and 74.19% for posttest in cycle II, and 74.19% for pretest and 100% for posttest in cycle III, with the minimum passing grade of 75. The data suggested that there was an improvement of history learning quality in the XI IPA-2 grade including the improvement of critical thinking and historical value understanding. The improvement of critical thinking could be seen from the student activeness in analyzing material, asking question, answering question during learning process, while that of historical value understanding could be seen from the improved student achievement in their learning passing in each cycle. Considering the result of research, it could be concluded that the application of learning cooperative model with IT-based index card math technique in history learning effectively improve the student critical thinking and historical value understanding of XI Science Graders of SMA Negeri 1 Ngemplak, Boyolali. Keywords: cooperative learning, IT-based index card math technique, critical thinking, and historical value understanding. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis : (1) Penerapan model Cooperative Learning dengan teknik Index Card Math berbasis IT untuk meningkatkan berpikir kritis pada siswa kelas XI IPA-2 SMA Negeri I Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013, (2) Penerapan model Cooperative Learning dengan teknik Index Card Math berbasis IT untuk meningkatkan pemahaman nilai sejarah pada siswa kelas XI IPA-2 SMA Negeri I Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan (5) refleksi. dalam pembelajaran dilaksanakan dalam tiga siklus yang dilaksanakan pada satu kompetensi dasar. Teknik pengumpulan data dilakukan melaui tiga tahap, yaitu : (1) observasi, (2) tes, dan (3) angket. Dari pelaksanaan tindakan yang dilakukan diperoleh tes obyektif berpikir kritis pada siklus I 46,67%, pada siklus II 73,3%, pada siklus III 83,33%. Dan untuk perolehan angket berpikir kritis pada siklus I, 65,05%, pada siklus II 70,72%, pada siklus III 81,03%. Hasil skor tes pemahaman nilai sejarah pada pra siklus 26,6%, pre test pada siklus I 30%, post test pada siklus I 43,33%, pre test pada siklus II 67,74%, post test pada siklus II 74,19%, pre test pada siklus III 74,19%, post test pada siklus III 100%, serta diperoleh hasil ketuntasan minimal 75. Data tersebut menunjukkan adanya peningkatan kualitas pembelajaran sejarah di kelas XI IPA-2 yang meliputi meningkatnya berpikir kritis siswa dan pemahaman nilai sejarah . Peningkatan berpikir kritis siswa dapat dilihat dalam keaktifan siswa dalam menganalisis materi, bertanya, menjawab pertanyaan selama proses pembelajaran, sedangkan peningkatan pemahaman nilai sejarah siswa ditujukan oleh meningkatnya hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan belajar pada setiap siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model cooperative learning dengan teknik index card math berbasis IT dalam pembelajaran sejarah efektif untuk meningkatkan berpikir kritis siswa dan pemahaman nilai sejarah pada siswa kelas XI IPA-2 SMA Negeri 1 Ngemplak, Boyolali. Kata kunci: cooperative learning, teknik index card math berbasis IT, berpikir kritis, dan pemahaman nilai sejarah.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Perdagangan
    Depositing User: Prima Adi Pradana
    Date Deposited: 10 May 2014 19:07
    Last Modified: 10 May 2014 19:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15985

    Actions (login required)

    View Item