PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MEMBERIKAN DISPENSASI PERNIKAHAN KEPADA PELAKU HAMIL DI LUAR PERNIKAHAN DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DI PENGADILAN AGAMA SURAKARTA.

Jabbar , Muhammad Faris (2013) PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MEMBERIKAN DISPENSASI PERNIKAHAN KEPADA PELAKU HAMIL DI LUAR PERNIKAHAN DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DI PENGADILAN AGAMA SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (430Kb) | Preview

    Abstract

    Hingga saat ini banyak kasus hamil di luar pernikahan pada para remaja yang belum cukup umur untuk menikah hingga mengakibatkan pengajuan permohonan dispensasi pernikahan di Pengadilan Agama.Dasar pertimbangan hakim dalam memberikan penetepan dispensasi pernikahan kepada pelaku hamil di luar pernikahan ini banyak dipengaruhi faktor-faktor yang salah satunya adalah hamil di luar pernikahan. Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan serta mengkaji dan menjawab permasalahan mengenai pertimbangan hakim dalam memberikan dispensasi pernikahan kepada pelaku hamil di luar pernikahan dalam perspektif Hukum Islam di pengadilan agama Surakarta baik dari segi yuridis maupun dari segi normatif itu sendiri yang berdasarkan Hukum Islam. Penelitian ini termasuk jenis penelitian hukum empiris yang bersifat deskriptif. Penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Data primer didapat dari hasil observasi dan wawancara. Sedangkan data sekunder berasal dari studi kepustakaan terhadap undang-undang, arsip, buku dan dokumen lain terkait dengan penelitian yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah dengan cara observasi, wawancara dan studi kepustakaan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    K Law > KZ Law of Nations
    Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Anis Fagustina
    Date Deposited: 10 May 2014 18:50
    Last Modified: 10 May 2014 18:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15967

    Actions (login required)

    View Item