PENINGKATAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN TEMAN SEBAYA MELALUI PERMAINAN SCRABBLE PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI TLOGOREJO TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Musrifah, Nika (2012) PENINGKATAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN TEMAN SEBAYA MELALUI PERMAINAN SCRABBLE PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI TLOGOREJO TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (713Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan permainan scrabble terhadap peningkatan interaksi sosial dengan teman sebaya pada siswa kelas IV SD Negeri Tlogorejo Temanggung Tahun Pelajaran 2012/1013. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian Pre-Experimental Design, karena menggunakan satu kelompok subjek. Desain penelitia Pre-Experimental Design yang digunakan adalah One Group Pretest-Postest Design. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Tlogorejo Temanggung Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 38 siswa. Sumber data berasal dari data primer, yaitu siswa. Instrument yang digunakan adalah angket interaksi sosial dengan teman sebaya. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus t-test dengan memanfaatkan aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diketahui bahwa ada peningkatan interaksi sosial dengan teman sebaya sebelum dan sesudah diberi treatment berupa permainan scrabble, yaitu t hitung = 4,105 dibandingkan dengan t tabel = 1,68 atau t hitung > t tabel (dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05). Maka disimpulkan permainan scrabble efektif untuk meningkatkan interaksi sosial dengan teman sebaya pada siswa kelas IV SD Negeri Tlogorejo Temanggung Tahun pelajaran 2012/2013.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Anis Fagustina
    Date Deposited: 10 May 2014 18:41
    Last Modified: 10 May 2014 18:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15956

    Actions (login required)

    View Item