INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPS (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 11 DAN 27 SURAKARTA)

Fersia, Pujawati (2013) INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPS (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 11 DAN 27 SURAKARTA). Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (887Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 11 dan 27 Surakarta. (2) mengetahui kendala yang dihadapi dalam mengintegrasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 11 dan 27 Surakarta. (3) mengetahui solusi untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam mengintegrasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 11 dan 27 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yaitu suatu cara dalam meneliti suatu peristiwa pada masa sekarang dengan menghasilkan data- data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang tertentu atau perilaku yang dapat diamati dengan menggunakan langkah-langkah tertentu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus terpancang tunggal. Sumber data yang digunakan adalah tempat, peristiwa, informan, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive dan snowball sampling. Penelitian ini, untuk mencari validitas data digunakan dua teknik trianggulasi yaitu trianggulasi data dan trianggulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif, yaitu proses analisis yang bergerak di antara tiga komponen yang meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 11 dan 27 Surakarta dilaksanakan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanaan meliputi penyusunan Silabus dan RPP berkarakter. Tahap pelaksanaan meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti (eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi), dan kegiatan penutup. Penilaian pendidikan karakter dapat dilihat dari jurnal kelas dan daftar presensi siswa. (2) Kendala yang dihadapi dalam mengintegrasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 11 dan 27 Surakarta adalah; alokasi waktu, sulit dalam menentukan nilai- nilai pendidikan karakter mana yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan, dan karakteristik siswa yang berbeda-beda. (3) Solusi untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam mengintegrasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 11 dan 27 Surakarta adalah sebagai berikut; guru selalu menjadi teladan yang baik bagi siswanya, melakukan pendekatan dengan siswa, mengajarkan pembiasaan yang baik di dalam kelas dan pemberian penguatan, pengguanaan model dan metode pembelajaran yang bervariatif, pemberian buku pegangan kepada siswa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > L Education (General)
    L Education > LA History of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
    Depositing User: Anis Fagustina
    Date Deposited: 10 May 2014 18:25
    Last Modified: 10 May 2014 18:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15931

    Actions (login required)

    View Item