MOTIVASI, INTENSITAS PENGGUNAAN DAN KEPUASAN MENGGUNAKAN BLACKBERRY GROUP (Studi Korelasi Antara Motivasi Menggunakan Blackberry Group, Intensitas Penggunaan dan Kepuasan Pemenuhan Kebutuhan Memperoleh Informasi Seputar Kampus dan Hiburan pada Mahasiswa Non Reguler Ilmu Komunikasi FISIP Angkatan 2011-2012 Universitas Sebelas Maret)

Melida, Fetry Atria (2013) MOTIVASI, INTENSITAS PENGGUNAAN DAN KEPUASAN MENGGUNAKAN BLACKBERRY GROUP (Studi Korelasi Antara Motivasi Menggunakan Blackberry Group, Intensitas Penggunaan dan Kepuasan Pemenuhan Kebutuhan Memperoleh Informasi Seputar Kampus dan Hiburan pada Mahasiswa Non Reguler Ilmu Komunikasi FISIP Angkatan 2011-2012 Universitas Sebelas Maret). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (608Kb) | Preview

    Abstract

    Blackberry Group is one of the features present in the Blackberry device that is used as its medium of online communication with fellow group blackberry. This study aims to determine the relationship between motivation uses Blackberry Group, the intensity of their occupational and satisfaction after use as meeting the needs of the campus and obtain information about the entertainment on a non regular students of communication science class FISIP 2011-2012 Sebelas Maret University. This research uses the uses and gratifications theory developed by Katz and Blumer. The method used for this research is explanatory research method quantitative correlation study. The population in this study were students of Communication Studies University of March class of 2011 and 2012 that included members of the BBG . Sample size used is 57 people out of a total of 114 students are members of the BBG. Sampling technique used is accidental sampling technique (accidental sampling ) Collecting data through questionnaires, while the data analysis techniques using Kendall rank correlation analysis. From the Kendall rank correlation analysis result that the relationship between motivation to use Blackberry Group , the intensity of their occupational and satisfaction after use as meeting the needs of the campus and obtain information about the entertainment on a non regular students of communication science class FISIP 2011-2012 Sebelas Maret University is a very positive relationship marked a strong correlation between the three variables antenseden (z) motivation , the independent variable (x) intensity, the dependent variable (y) the satisfaction of 0.676, this value indicates that the higher the motivation to use Blackberry Group to obtain information about the campus and the entertainment will be more high intensity use and satisfaction will be higher as well received by the students because of the high intensity of that happening. Blackberry Group adalah salah satu fitur yang ada didalam perangkat Blackberry yang digunakan sebagai media perantara komunikasi online dengan sesama group blackberry. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi menggunaan Blackberry Group, intensitas pengggunaannya dan kepuasan setelah menggunakan sebagai pemenuhan kebutuhan memperoleh informasi seputar kampus dan hiburan pada mahasiswa non reguler ilmu komunikasi FISIP angkatan 2011-2012 Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini menggunakan teori uses and gratifications yang dikembangkan oleh Katz dan Blumer. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode penelitian korelasi explanatory research kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Sebelas Maret angkatan 2011 dan 2012 yang tergabung dalam anggota BBG. Besaran sampel yang digunakan yaitu 57 orang dari total mahasiswa anggota BBG yaitu 114 orang. Teknik sampel yang digunakan yaitu teknik sampling aksidental (accidental sampling) Pengumpulan data melalui kuesioner, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis korelasi Rank Kendall. Dari hasil analisis korelasi Rank Kendall diperoleh hasil bahwa hubungan antara motivasi menggunakan Blackberry Group, intensitas pengggunaannya dan kepuasan setelah menggunakan sebagai pemenuhan kebutuhan memperoleh informasi seputar kampus dan hiburan pada mahasiswa non reguler ilmu komunikasi FISIP angkatan 2011-2012 Universitas Sebelas Maret adalah hubungan yang positif sangat kuat dengan ditandainya nilai korelasi antara ketiga variabel antenseden (z) motivasi, variabel independen (x) intensitas, variabel dependen (y) kepuasan sebesar 0,676, nilai tersebut menunjukan bahwa Semakin tinggi motivasi menggunakan Blackberry Group untuk memperoleh informasi seputar kampus dan hiburan maka akan semakin tinggi intensitas penggunaannya serta akan tinggi pula kepuasan yang diperoleh oleh mahasiswa karena tingginya intensitas yang terjadi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Nur Anisah
    Date Deposited: 10 May 2014 18:26
    Last Modified: 10 May 2014 18:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15928

    Actions (login required)

    View Item