PELESTARIAN BAHAN PUSTAKA DI PUSAT PERPUSTAKAAN DAN PENYEBARAN TEKNOLOGI PERTANIAN (PUSTAKA), KEMENTERIAN PERTANIAN RI ( SUATU KAJIAN OBSERVASI FUMIGASI BAHAN PUSTAKA KERTAS )

ROHANA, SITI (2011) PELESTARIAN BAHAN PUSTAKA DI PUSAT PERPUSTAKAAN DAN PENYEBARAN TEKNOLOGI PERTANIAN (PUSTAKA), KEMENTERIAN PERTANIAN RI ( SUATU KAJIAN OBSERVASI FUMIGASI BAHAN PUSTAKA KERTAS ). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (500Kb) | Preview

    Abstract

    Fisik dari bahan pustaka tentu bisa rusak dimakan usia. Maka, perlu diadakan pelestarian bahan pustaka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan-kegiatan pelestarian bahan pustaka di Pusat Perpustakaan Dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA), Kementerian Pertanian RI. Penulisan Tugas Akhir ini menggunakan metode penelitian kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengetahui kegiatan-kegiatan dibagian pelestarian khususnya fumigasi. Yang menjadi permasalahan adalah apa saja kegiatan pelestarian di PUSTAKA? Mengapa pelaksanaan fumigasi diserahkan kepada pihak ketiga? Dan bagaimana langkah-langkah pelaksanaannya serta fumigan apa yang dipakai?. Upaya pelestarian yang dilakukan antara lain: Fumigasi, Laminasi, Penjilidan dan Alih Media. Salah satu kegiatan pelestarian adalah fumigasi. Penggunaan bahan kimia yang berbahaya dalam fumigasi, membuat perlu kalau fumigasi ditangani oleh orang yang ahli dalam bidangnya dan bersertifikat. Apalagi setelah dikeluarkannya Undang-Undang larangan penggunaan methyl bromide yang tercantum pada Peraturan Menteri Pertanian, Nomor: 37/Permentan/OT.140/7/2009 tentang: penggunaan pestisida berbahan aktif metil bromida untuk tindakan perlakuan karantina tumbuhan dan perlakuan pra pengapalan. Karena pada umumnya perpustakaan melakukan fumigasi menggunakan bahan kimia aktif methyl bromide. Sebagai hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penyelesaian masalah adalah dengan menyerahkan kegiatan fumigasi kepada pihak ketiga yang mempunyai ijin dan sertifikat yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan dan Badan Karantina Pertanian. Namun Pelaksanaan fumigasi dan laminasi yang diserahkan pihak ketiga dapat menumpulkan keterampilan pustakawan bagian preservasi/preservator karena semua kegiatan sudah dilakukan oleh pihak ketiga. Sehingga, sebisa mungkin di usahakan ada pustakawan yang ikut langsung waktu kegiatan fumigasi berlangsung sebagai pembelajaran bagi pustakawan langsung dari ahlinya. (Keyword; konservasi, fumigasi, fumigan, methyl bromide)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Perpustakaan
    Depositing User: Dyah Pratiwi
    Date Deposited: 10 May 2014 18:35
    Last Modified: 10 May 2014 18:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15913

    Actions (login required)

    View Item