PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNINGMELALUI METODE EKSPERIMEN LABORATORIUM DAN LAPANGAN DITINJAUDARI KEBERAGAMAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN

Priadi, Median Agus and Sudarisman, Suciati and Suparmi, (2012) PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNINGMELALUI METODE EKSPERIMEN LABORATORIUM DAN LAPANGAN DITINJAUDARI KEBERAGAMAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN. Universitas Sebelas Maret, 1 (3). pp. 217-226. ISSN 2252-7893

[img] PDF - Published Version
Download (419Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran model problem based learning melalui metode eksperimen laboratorium dan lapangan, antara siswa yang memiliki kemampuan berpikir analitis dan sikap peduli lingkungan kategori tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar biologi siswa, serta interaksinya. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimental. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 9 Bandar Lampung tahun pelajaran 2011/2012, sebanyak 7 kelas. Sampel penelitian ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas X8 dan X9. Kelas X8 diberi pembelajaran dengan metode eksperimen lapangan dan kelas X9 dengan metode eksperimen laboratorium. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk mendapatkan data prestasi belajar kognitif dan kemampuan berpikir analitis, metode angket untuk mendapatkan data sikap peduli lingkungan, prestasi belajar afektif dan psikomotorik serta metode observasi untuk memperoleh data afektif d an psikomotorik. Uji hipotesis penelitian menggunakan anava tiga jalan dengan desain faktorial 2x2x2. Berdasarkan hasil uji hipotesis data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) tidak ada pengaruh penggunaan metode eksperimen laboratorium dan eksperimen lapangan terhadap prestasi belajar kognitif dan psikomotorik siswa tetapi ada pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar afektif; 2) ada pengaruh kemampuan berpikir analitis terhadap prestasi belajar kognitif siswa tetapi tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap afektif dan psikomotorik; 3) ada pengaruh sikap peduli lingkungan terhadap prestasi belajar kognitif dan psikomotorik siswa tetapi tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar afektif; 4) ada interaksi antara metode dan kemampuan berpikir analitis terhadap prestasi belajar kognitif, afektif dan psikomotorik siswa; 5) ada interaksi antara metode dan sikap peduli lingkungan terhadap prestasi belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa; 6) ada interaksi ant ara kemampuan berpikir analitis dengan sikap peduli lingkungan terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif tetapi tidak ada interaksi pada prestasi belajar psikomotorik; 7) ada interaksi antara metode, kemampuan analitis, dengan sikap peduli lingkungan terhadap prestasi belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa. Kata kunci: problem based learning, pencemaran, aspek kognitif, aspek a fektif dan psikomotorik

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Users 849 not found.
    Date Deposited: 09 Jul 2013 19:04
    Last Modified: 09 Jul 2013 19:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/1590

    Actions (login required)

    View Item