PEMAKNAAN INTERPRETATIF TENTANG NILAI, PERAN, BAHASA, DAN SIMBOL “IBU”DI KALANGAN MAHASISWA ASAL PAPUA DI UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

RAHMAWATI , SERTIA (2013) PEMAKNAAN INTERPRETATIF TENTANG NILAI, PERAN, BAHASA, DAN SIMBOL “IBU”DI KALANGAN MAHASISWA ASAL PAPUA DI UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1270Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui karakteristik masyarakat Tanah Papua, dan mengetahui pemahaman interpretatif mahasiswa asal Papua tentang nilai, peran, bahasa, dan simbol “ibu” dalam keluarga, sosial, maupun budaya.. Perkembangan yang terjadi di dalam masyarakat dirasa begitu cepat dalam segala aspek kehidupan. Dalam perkembangan yang terjadi di dalam berbagai aspek tersebut berdampak pada suatu kebudayaan yang mengarah pada perkembangan yang bersifat positif dan ada juga yang bersifat negatif, peran penting dari sebuah keluarga harus dapat berjalan sebagaimana mestinya fungsi daripada sebuah keluarga dalam proses sosialisasi. Pemahaman daripada sutau nilai dan norma yang berlaku di dalam masyarakat semuanya diajarkan dalam keluarga dengan proses komunikasi yang baik. Namun seiring perkembangan zaman, peran daripada seorang ibu tidak hanya berada pada sektor rumah tangga atau keluarga semata, melainkan sekarang ini peran seorang ibu sudah pada aspek ekonomi atau pemenuhan dalam kebutuhan sehari-hari keluarga, sosial, dan budaya. Hal tersebut sama dengan seperti kehidupan mama-mama yang ada di Papua, walaupun yang berkembang di Tanah Papua adalah garis keturunan laki-laki atau patrilieal. Dengan melihat latar belakang setiap masyarakat khususnya mahasiswa asal Papua yang berasal dari berbagai penjuru wilayah Tanah Papua, mereka dapat memahami dan mengerti akan peran dan pentingnya seorang ibu bagi kehidupan mereka. Semoga hasil penelitian ini dapat berguna bagi penulis dan seluruh pihak yang membacanya, maka dari itu penulis sangat mengharapkan saran dan kritik yang bermanfaat demi kebaikan karya tulis ini.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
    Depositing User: Anis Fagustina
    Date Deposited: 10 May 2014 17:59
    Last Modified: 10 May 2014 17:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15882

    Actions (login required)

    View Item