UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH BOLA VOLI MINI MELALUI BOLA DENGAN UKURANNYA SISWA KELAS IV SD NEGERI PECARIKAN KECAMATAN PREMBUN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Septyadi, Wisnu (2013) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH BOLA VOLI MINI MELALUI BOLA DENGAN UKURANNYA SISWA KELAS IV SD NEGERI PECARIKAN KECAMATAN PREMBUN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF (Hasil belajar, servis bawah bola voli mini, bola dengan ukurannya.) - Published Version
Download (218Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar servis bawah pada permainan bola voli pada siswa kelas IV SD Negeri Pecarikan Kecamatan Prembun Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan menerapkan diskusi kelompok. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dua siklus dalam tiap siklus ada dua kali pertemuan. Setiap pertemuan menunjukkan tahapan hasil proses pembelajaran servis bawah dengan menggunakan bola dengan ukurannya. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Pecarikan Kecamatan Prembun Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013 pada semester II dengan jumlah siswa 20 siswa yang terdiri dari 9 putra dan 11 putri.Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, angket dan dokumentasi atau arsip. Validasi data menggunakan teknik triangulasi metode, sedangkansumberdatadiambildari guru dan siswa . Hasil penelitian dapat menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa servis bawah bola voli dengan menggunakan alat bantu pembelajaran bola plastik pada kognitif, afektif dan psikomotorik siswa kelas IV SD Negeri Pecarikan Kecamatan Prenbun, Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013 pada kompetensi dasar mempraktekkan gerak dasar permainan bola besar sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerja sama, sportifitas dan kejujuran, di mana peningkatan hasil belajar siswa diperoleh sebagai berikut: ketuntasan belajar dari 20 siswa pada pra siklus ketuntasan belajar 25 % siklus I ketuntasan belajar meningkat menjadi 40 % siklus II 85% dan telah mencapai target ketuntasan minimal yaitu 85 % dari jumlah siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar servis bawah dalam pembelajaran permainan bola voli dengan menggunakan alat bantu bola plastik dapat meningkat hingga batas minimal KKM yang telah ditentukan yaitu 7,5. Kesimpulan dengan menggunakan alat bantu bola dengan ukurannya ternyata dapat meningkatkan hasil belajar servis bawah bola voli dengan menerapkan diskusi kelompok meningkatkan aktifitas individu dan kemandirian siswa kelas IV SD Negeri Pecarikan Kecamatan Prembun Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013. Kata kunci :Hasil belajar, servis bawah bola voli mini, bola dengan ukurannya.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Lia Primadani
    Date Deposited: 10 May 2014 17:48
    Last Modified: 10 May 2014 17:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15865

    Actions (login required)

    View Item