PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HIDROLISIS GARAM KELAS XI SEMESTER 2 SMA NEGERI 4 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

ALIFFAH, Nur (2013) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HIDROLISIS GARAM KELAS XI SEMESTER 2 SMA NEGERI 4 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (510Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pengaruh metode pembelajaran Kooperatif tipe TGT disertai media Kartu Soal dan Destinasi terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Hidrolisis Garam. (2) Pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa. (3) Interaksi metode pembelajaran Kooperatif tipe TGT disertai media Kartu Soal dan Destinasi dengan gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Randomized Group Postest Only Design, dengan rancangan faktorial 2x3. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 4 Surakarta tahun pelajaran 2012/ 2013. Sampel terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen 1 (Metode TGT disertai media Kartu Soal) dan kelas eksperimen 2 (Metode TGT disertai media Destinasi) yang diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data prestasi belajar kognitif menggunakan metode tes objektif sedangkan data prestasi belajar afektif dan gaya belajar siswa menggunakan metode angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama 2x3, dilanjutkan uji komparasi ganda metode scheffe untuk pengaruh gaya belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh metode pembelajaran Kooperatif tipe TGT disertai media Kartu Soal dan Destinasi terhadap prestasi belajar siswa (baik kognitif maupun afektif), yaitu prestasi belajar kognitif dan afektif siswa pada kelas yang menerapkan metode TGT disertai Destinasi lebih baik daripada Kartu Soal dengan rata-rata prestasi kognitif berturut-turut 83,84 dan 77,23 serta afektif berturut-turut 121,00 dan 113,13 (dengan nilai standar 160). (2) Terdapat pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa (baik kognitif maupun afektif), yaitu siswa yang memiliki gaya belajar visual akan sama prestasinya dengan kinestetik, dan keduanya mempunyai prestasi belajar kognitif dan afektif yang lebih baik daripada siswa yang mempunyai gaya belajar auditorial dengan dengan rata-rata prestasi kognitif berturut-turut 86,68; 83,14; dan 70,45 serta afektif berturut-turut 120,86; 121,07; dan 109,40 (dengan nilai standar 160). (3) Tidak ada interaksi antara metode pembelajaran Kooperatif tipe TGT disertai media Kartu Soal dan Destinasi dengan gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa (baik kognitif maupun afektif).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > Q Science (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Anis Fagustina
    Date Deposited: 10 May 2014 17:41
    Last Modified: 10 May 2014 17:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15852

    Actions (login required)

    View Item