PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING PADA SISWA TUNAGRAHITA KELAS D3-C SLB NEGERI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

TRISNANI, (2013) PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING PADA SISWA TUNAGRAHITA KELAS D3-C SLB NEGERI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (537Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring menggunakan media kartu kata pada anak tunagrahita kelas D3-C SLB Negeri Salatiga Tahun Pelajaran 2012/2013. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa tunagrahita kelas D3-C semester II SLB Negeri Salatiga tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 6 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi untuk memperoleh data kemampuan membaca nyaring awal, sedangkan tes digunakan untuk memperoleh data kemampuan membaca nyaring siklus I dan II, observasi untuk mengamati aktivitas siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi membaca nyaring melalui media kartu kata. Teknik analisis data digunakan analisis deskriptif komparatif, yakni dengan membandingkan kemampuan membaca nyaring antarsiklus, yang dianalisis adalah kemampuan membaca nyaring permulaan siswa sebelum menggunakan media kartu kata dan kemampuan membaca nyaring setelah menggunakan media kartu kata sebanyak dua siklus. Berdasarkan hasil pengolahan data bahwa nilai awal kemampuan membaca nyaring siswa yang mendapat nilai 65 ada 2 siswa, dan 4 siswa mendapat nilai di bawah 65, rara-rata kelas 55,83 ketuntasan klasikal 33,33%, pada siklus I siswa yang mendapat nilai 65 atau lebih terdapat 4 siswa dan 2 siswa mendapat nilai di bawah 65, rata-rata kelas 63,33 ketuntasan secara klasikal 66,66%, pada siklus II seluruh siswa mendapat nilai 65 atau lebih, yang diasumsikan secara klasikal telah menuntaskan belajar kemampuan membaca nyaring, rata-rata kelas menjadi 70 dan seluruh siswa telah menuntaskan belajar kemampuan membaca nyaring. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa tunagrahita kelas D3-C semester II di SLB Negeri Salatiga tahun pelajaran 2012/2013. Kata kunci: media kartu kata, kemampuan membaca nyaring, siswa tunagrahita. This research has purpose to improve Piercing Reading Ability use word card medium toward Student on mentally retarded class D3-C SLB Negeri Salatiga in the school Year 2012/2013. The research approach that is used is Research of Class Action. It’s subject is all the Student of Disable D3-C class second semester SLB Negeri Salatiga the Year 2012/2013 that amount about 6 students. The data collecting technique use documentation to obtain Piercing Reading Ability data, while test is used to get piercing reading data in session I and II, observation to examine the student activity in learning Indonesian language in term piercing reading material through word card media The technique of data analysis is used analysis descriptive comparative, with compare piercing reading activity one another, the object of analysis is the beginning of piercing reading student ability before and after using word card media two times. Based on processing data result from research of class action implementation can be clarified that the beginning mark of piercing reading ability, two students get 65, and 4 students get under 65, class average is 55,83 classical completeness is 33,33%, in the first session student get mark under 65, class average is 63,33 classical completeness is 66,66%, in the second session all the student get mark 65 or more, that is assumption classically have completed learning piercing reading ability, class average becomes 70 and all the student have completed learning piercing reading ability. Based on explanation above can be concluded that The using of word card can improve the piercing reading ability toward Student of Disable D3-C class SLB Negeri Salatiga the Year 2012/2013. Key word : word card media, improve piercing reading ability, mentally retarded.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Miftahful Purnanda
    Date Deposited: 10 May 2014 17:27
    Last Modified: 10 May 2014 17:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15835

    Actions (login required)

    View Item