PEMBELAJARAN BARBASIS MASALAH MELALUI EKSPERIMEN DENGAN LABORATORIUM RIIL DAN LABORATORIUM VIRTUIL DITINJAU DARI KREATIVITAS DAN GAYA BELAJAR

Sukardi, and Sudarisman, Suciati and Sunarno, Widha (2012) PEMBELAJARAN BARBASIS MASALAH MELALUI EKSPERIMEN DENGAN LABORATORIUM RIIL DAN LABORATORIUM VIRTUIL DITINJAU DARI KREATIVITAS DAN GAYA BELAJAR. Universitas Sebelas Maret, 1 (2). pp. 170-176. ISSN 2252-7893

[img] PDF - Published Version
Download (958Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah melalui eksperimen dengan laboratorium riil dan virtuil, kreativitas, gaya belajar, dan interaksinya terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2011 – Juni 2012 dengan menggunakan metode kuasi eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas XISMA Negeri 1 Ponorogo tahun pelajaran 2011/2012. Sampel penelitian terdiri atas 4 kelas terbagi menjadi dua kelompok yang diambil secara cluster random sampling. Kelompok I terdiri Kelas XI A5dan XI A6menggunakan laboratorium riil dan kelompok II terdiri kelas XI A3dan XI A4menggunakan laboratorium virtuil. Data kreativitas dan gaya belajar dikumpulkan dengan metode angket, prestasi afektif dan psikomotor dengan lembar observasi dan metode angket, dan data prestasi kognitif dengan metode tes. Data dianalisis dengan ANAVA tiga jalan dengan desain faktorial 2x2x2 dengan menggunakan bantuan Software SPSS 18. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa: 1) ada pengaruh pembelajaran berbasis masalah melalui eksperimen dengan laboratorium riil dan virtuil terhadap prestasi belajar, 2) ada pengaruh kreativitas terhadap prestasi belajar, 3) ada pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar, 4) tidak ada interaksi antara pembelajaran berbasis masalah melalui eksperimen dengan laboratorium riil dan virtuil dengan kreativitas terhadap prestasi belajar, 5) tidak ada interaksi antara pembelajaran berbasis masalah melalui eksperimen dengan laboratorium riil dan virtuil dengan gaya belajar terhadap prestasi belajar, 6) terdapat interaksi antara kreativitas dengan gaya belajar terhadap prestasi belajar, 7) tidak ada interaksi antara pembelajaran berbasis masalah melalui eksperimen denganlaboratorium riil dan virtuil, dengan kreativitas, dan gaya belajar terhadap prestasi belajar. Kata Kunci: Pembelajaran berbasis masalah, metode eksperimen, laboratorium riil, laboratorium virtuil, kreativitas, gaya belajar.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Users 849 not found.
    Date Deposited: 09 Jul 2013 18:23
    Last Modified: 09 Jul 2013 18:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/1583

    Actions (login required)

    View Item