PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MULTIMEDIA DAN MODUL DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR ABSTRAK DAN KEMAMPUAN VERBAL SISWA

Wardhani, Kusuma and Sunarno, Widha and Suparmi, (2012) PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MULTIMEDIA DAN MODUL DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR ABSTRAK DAN KEMAMPUAN VERBAL SISWA. Universitas Sebelas Maret, 1 (2). pp. 163-169. ISSN 2252-7893

[img] PDF - Published Version
Download (771Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: perbedaan pembelajaran fisika dengan model problem based learningmenggunakan multimedia dan modul, kemampuan berpikir abstrak, dan kemampuan verbal terhadap prestasi belajar siswa dan interaksinya. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen, dilakukan di SMA Negeri 3 Surakarta tahun pelajaran 2011/2012. Dalam penelitian ini sampeldipilih secara acak (cluster random sampling), sampel pada penelitian ini adalah kelas X-2 menggunakan multimedia dan kelas X-9 menggunakan modul. Uji hipotesis menggunakan uji anava. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) pembelajaran fisika dengan model problem based learning menggunakan multimedia dan modul dapat diterapkan pada materi gelombang elektromagnetik; (2) kemampuan berpikir abstrak memberikan kontribusi positif terhadap prestasi belajar siswa; (3) pembelajaran fisika dengan model problem based learningmenggunakan multimedia lebih tepat digunakan pada siswa yang memiliki kemampuan berpikir abstrak tinggi; (4) ada interaksi antara multimedia dan modul dengan kemampuan berpikir abstrak terhadap prestasi belajar siswa; (5) ada interaksi antara multimedia dan modul dengan kemampuan verbal terhadap prestasi belajar siswa. Kata kunci: prestasi belajar, kuasi eksperimen, uji anava, gelombang elektromagnetik.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Users 849 not found.
    Date Deposited: 09 Jul 2013 18:19
    Last Modified: 09 Jul 2013 18:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/1582

    Actions (login required)

    View Item