PENGARUH KONSEP DIRI DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH ASUHAN KEBIDANAN I PADA MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKES) PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA

PRANANINGRUM, RATIH (2013) PENGARUH KONSEP DIRI DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH ASUHAN KEBIDANAN I PADA MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKES) PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1016Kb) | Preview

    Abstract

    LATAR BELAKANG : Kesuksesan belajar mahasiswa dapat dilihat dari prestasi akademik yang diraihnya. Tinggi rendahnya prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh dua faktor yang meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal muncul dari dalam diri siswa, seperti kemampuan motivasi belajar, minat dan perhatian, sikap dan kebiasaan belajar, ketekunan, faktor fisik dan psikis, sedangkan faktor eksternal muncul dari luar diri siswa, seperti lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat. TUJUAN : Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh konsep diri, dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar JENIS PENELITIAN : Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan rancangan cross sectional. Penelitian dilakukan pada Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) PKU Muhammadiyah Surakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling sebanyak 40 responden. Analisis data menggunakan regresi linier berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi dengan program SPSS. HASIL PENELITIAN : Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep diri berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mata kuliah Asuhan Kebidanan (Askeb) I pada mahasiswa STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta, dengan nilai t hitung variabel konsep diri adalah sebesar 3,361 dengan signifikansi 0,002 < 0,05. Lingkungan belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mata kuliah ASKEB I, dengan nilai t hitung variabel konsep diri adalah sebesar 3,747 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Konsep diri dan lingkungan belajar berpengaruh secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata kuliah ASKEB I pada mahasiswa STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta dengan nilai F hitung sebesar 33,853 dengan p value 0,000 < 0,05. SIMPULAN : 1) Konsep diri berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mata kuliah Asuhan Kebidanan (Askeb) I, 2) Lingkungan belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mata kuliah Asuhan Kebidanan (Askeb) I, 3) Konsep diri dan lingkungan belajar berpengaruh secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata kuliah Asuhan Kebidanan (Askeb) I pada mahasiswa (STIKES) PKU Muhammadiyah Surakarta Kata Kunci : konsep diri, lingkungan belajar dan prestasi belajar The success of student learning can be seen from that achieved academic achievement. The level of student achievement is influenced by two factors which include internal factors and external factors. Internal factors emerge from within the students, such as the ability to learn motivation, interest and attention, attitude and study habits, perseverance, physical and psychological factors, while external factors emerge from outside the student, such as school environment, family, and community environments. OBJECTIVE: The purpose of the study to determine the effect of self-concept, and learning environment of learning achievement TYPE OF STUDY: The study is a observational research with cross sectional analytic. The study was conducted at the College of Health Sciences (STIKES) PKU Muhammadiyah Surakarta. Sampling techniques using simple random sampling of 40 respondents. Analysis of data using multiple linear regression, t test, F test and the coefficient of determination with SPSS program. RESULTS: The results showed that self-concept has a positive effect on learning achievement subjects Midwifery care (Askeb) I at PKU Muhammadiyah Surakarta STIKES students, with a t value of self-concept variable is equal to 3.361 with a significance of 0.002 <0.05. Learning environment has a positive effect on learning achievement subjects ASKEB I, with t value of self-concept variable is equal to 3.747 with a significance of 0.000 <0,05. Self-concept and learning environment jointly influence on learning achievement I ASKEB subjects at PKU Muhammadiyah Surakarta STIKES students with calculated F value of 33.853 with a p value 0.000 <0.05. CONCLUSION: 1) The concept itself has a positive effect on learning achievement Midwifery care subjects (Askeb) I, 2) learning environment has a positive effect on learning achievement Midwifery care subjects (Askeb) I, 3) Self-concept and learning environment jointly influence on learning achievement Midwifery care subjects (Askeb) I on students (STIKES) PKU Muhammadiyah Surakarta Keywords: self-concept, learning environment and academic achievement

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Miftahful Purnanda
    Date Deposited: 10 May 2014 17:06
    Last Modified: 10 May 2014 17:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15818

    Actions (login required)

    View Item