HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG FAKTOR RISIKO KEHAMILAN DENGAN KETERATURAN KUNJUNGAN ANTENATAL CARE PADA IBU HAMIL PRIMIGRAVIDA

W.P, Festi Ariyanti W. (2013) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG FAKTOR RISIKO KEHAMILAN DENGAN KETERATURAN KUNJUNGAN ANTENATAL CARE PADA IBU HAMIL PRIMIGRAVIDA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (521Kb) | Preview

    Abstract

    Latar Belakang: Antenatal care mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam upaya menurunkan angka kematian ibu dan bayi. Keteraturan antenatal care dipengaruhi oleh beberapa sebab, salah satunya adalah tingkat pengetahuan tentang faktor risiko kehamilan Tujuan: Mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan ibu hamil primigravida tentang factor risiko kehamilan dengan ketepatan antenatal care di Puskesmas Mojogedang. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan desain penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilaksanakan di Desa Mojogedang, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar, pada bulan Mei sampai Juni 2013. sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 49 responden. Instrumen penelitian menggunakan Kuesioner. Analisis Bivariat menggunakan analisis Chi-Square. Hasil: Tingkat responden yang mempunyai pengetahuan baik teratur untuk melakukan kunjungan ANC yaitu sebanyak 6 responden dan tidak teratur sebanyak 5 responden. Pengetahuan cukup sebanyak 33 resonden teratur melakukan kunjungan ANC dan 5 responden tidak teratur melakukan kunjungan ANC. Kesimpulan: Ada hubungan antara tingkat pengetahuan ibu hamil primigravida tentang faktor risiko kehamilan dengan ketepatan antenatal care di Puskesmas Mojogedang (0,033 < 0,05).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    R Medicine > RA Public aspects of medicine
    Divisions: Fakultas Kedokteran > D4 - Kebidanan
    Depositing User: Anis Fagustina
    Date Deposited: 10 May 2014 16:39
    Last Modified: 10 May 2014 16:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15811

    Actions (login required)

    View Item