HUBUNGAN MASA KERJA DENGAN NILAI AMBANG DENGAR TENAGA KERJA YANG TERPAPAR BISING PADA BAGIAN WEAVING DI PT. TRIANGGA DEWI SURAKARTA

Khakim, Ummi Ianatul (2011) HUBUNGAN MASA KERJA DENGAN NILAI AMBANG DENGAR TENAGA KERJA YANG TERPAPAR BISING PADA BAGIAN WEAVING DI PT. TRIANGGA DEWI SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (500Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan : PT. Triangga Dewi merupakan sebuah industri yang bergerak di bidang tekstil. Industri ini menggunakan mesin-mesin tenun yang bisingnya melebihi Nilai Ambang Batas (NAB) 85 dB(A). Kebisingan yang melebihi NAB dan terpapar dalam waktu yang lama dapat mempengaruhi daya dengar seseorang dalam menangkap suara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan masa kerja dengan nilai ambang dengar tenaga kerja yang terpapar bising pada bagian Weaving di PT. Triangga Dewi Surakarta. Metode : Penelitian ini menggunakan jenis penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah semua tenaga kerja yang terpapar kebisingan pada bagian Weaving shift 1 dan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Subjek yang memenuhi kriteria berjumlah 32 orang. Data disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi kelompok masa kerja dan nilai ambang dengar telinga kanan dan telinga kiri yang diolah dengan uji statistik korelasi Pearson Product Moment. Hasil : Hasil uji statistik hubungan masa kerja dengan nilai ambang dengar telinga kanan diperoleh nilai r sebesar 0.711 serta nilai p=0.000 (p<0.01) yang menunjukkan hasil uji sangat signifikan. Hasil uji statistik hubungan masa kerja dengan nilai ambang dengar telinga kiri menunjukkan nilai r sebesar 0.625 serta nilai p=0.000 (p<0.01) yang menunjukkan hasil uji sangat signifikan. Jadi, semakin bertambah masa kerja, maka akan bertambah nilai ambang dengarnya. Simpulan : Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan masa kerja dengan nilai ambang dengar tenaga kerja yang terpapar bising pada bagian Weaving di PT. Triangga Dewi Surakarta. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang diajukan adalah adalah sebaiknya perusahaan menyediakan alat pelindung telinga berupa ear plug kepada tenaga kerja serta tenaga kerja membiasakan diri dan disiplin dalam menggunakan alat pelindung telinga berupa ear plug. Kata Kunci : masa kerja, nilai ambang dengar, kebisingan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran > D3 - Hiperkes dan Keselamatan Kerja
    Depositing User: Vera Suryaningsih
    Date Deposited: 10 May 2014 15:48
    Last Modified: 10 May 2014 15:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15789

    Actions (login required)

    View Item