PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DISKUSI DAN EKSPERIMEN DITINJAU DARI KEMAMPUAN VERBAL DAN GAYA BELAJAR

Siswati, Herekno Anen and Sunarno, Widha and Suparmi, (2012) PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DISKUSI DAN EKSPERIMEN DITINJAU DARI KEMAMPUAN VERBAL DAN GAYA BELAJAR. Universitas Sebelas Maret, 1 (2). pp. 132-141. ISSN 2252-7893

[img] PDF - Published Version
Download (581Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan pembelajaran Fisika berbasis masalah dengan menggunakan metode demonstrasi diskusi dan eksperimen, kemampuan verbal tinggi dan rendah, gaya belajar visual dan kinestetik, interaksi antara metode demonstrasi diskusi dan eksperimen dengan kemampuan verbal, dengan gaya belajar, kemampuan verbal dan gaya belajar, metode demonstrasi diskusi dan eksperimen dengan kemampuan verbal dan gaya belajar terhadap prestasi belajar Fisika. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak empat kelas. Uji hipotesis penelitian menggunakan ANAVA tiga jalan dengan desain faktorial 2x2x2. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh penggunaan pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan metode demonstrasi diskusi dan eksperimen terhadap prestasi belajar Fisika; (2) terdapat pengaruh kemampuan verbal tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar Fisika; (3) terdapat pengaruh antara gaya belajar visual dan kinestetik terhadap prestasi belajar Fisika; (4) tidak terdapat interaksi penggunaan pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan metode demonstrasi diskusi dan eksperimen dengan kemampuan verbal tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar Fisika; (5) terdapat interaksi penggunaan pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan metode demonstrasi diskusi dan eksperimen dengan gaya belajar visual dan kinestetik terhadap prestasi belajar Fisika; (6) terdapat interaksi kemampuan verbal tinggi dan rendah dengan gaya belajar visual dan kinestetik terhadap prestasi belajar Fisika; (7) tidak terdapat interaksi penggunaan pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan metode demonstrasi diskusi dan eksperimen, kemampuan verbal tinggi dan rendah dengan gaya belajar visual dan kinestetik terhadap prestasi belajar Fisika. Kata kunci: prestasi belajar, kuasi eksperimen, uji ANAVA, uji Scheffe, Kalor.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Users 849 not found.
    Date Deposited: 09 Jul 2013 18:07
    Last Modified: 09 Jul 2013 18:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/1577

    Actions (login required)

    View Item