UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGOLAHAN DATA DALAM PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS VI SD

RAHAYU, PARMI (2011) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGOLAHAN DATA DALAM PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS VI SD. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (454Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah : (1) Meningkatkan kemampuan pengolahan data dalam mata pelajaran Matematika melalui penerapan model pembelajaran kontekstual siswa kelas VI semester 2 SD N 1 Gumukrejo tahun pelajaran 2010/ 2011. (2) Mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pengolahan data dalam mata pelajaran Matematika siswa kelas VI semester 2 SD N 1 Gumukrejo tahun pelajaran 2010/2011. Bentuk pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model penelitian ini merupakan serangkaian kegiatan yang membentuk siklus. Serangkaian kegiatan tersebut terdiri atas empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD N 1 Gumukrejo Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI yang berjumlah 18 orang yang terdiri atas 11 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan.Teknik untuk mengumpulkan data meliputi observasi, kajian dokumen, tes, dan perekaman. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan dua triangulasi yaitu triangulasi data dan triangulasi peneliti. Berdasar hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan pengolahan data dalam mata pelajaran Matematika siswa kelas VI semester 2 SD N 1 Gumukrejo tahun pelajaran 2010/2011 dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran kontekstual yang ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata kelas siswa yang hanya 51,1 pada kondisi awal, meningkat menjadi 78,2 pada siklus I dan menjadi 90,8 pada siklus II. Persentase ketuntasan siswa juga mengalami peningkatan yang hanya 11% (sebanyak 2 siswa) pada kondisi awal meningkat menjadi 72% (sebanyak 13 siswa) pada siklus I dan mencapai 100% (sebanyak 18 siswa) pada siklus II. Dari peningkatan nilai siswa tersebut dapat dikatakan bahwa kemampuan pengolahan data oleh siswa meningkat. Kata kunci : meningkatkan kemampuan pengolahan data, model pembelajaran kontekstual.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Vera Suryaningsih
    Date Deposited: 10 May 2014 15:28
    Last Modified: 10 May 2014 15:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15769

    Actions (login required)

    View Item