PENGARUH SUMBER DAYA MANUSIA DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KETERANDALAN DAN KETEPATWAKTUAN PELAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DENGAN VARIABEL INTERVENING PENGENDALIAN INTERN AKUNTANSI (Studi Empiris di Pemda SUBOSUKAWONOSRATEN)

Winidyaningrum, Celviana (2009) PENGARUH SUMBER DAYA MANUSIA DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KETERANDALAN DAN KETEPATWAKTUAN PELAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DENGAN VARIABEL INTERVENING PENGENDALIAN INTERN AKUNTANSI (Studi Empiris di Pemda SUBOSUKAWONOSRATEN). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (468Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sumber daya manusia dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap keterandalan dan ketepatwaktuan pelaporan keuangan pemerintah daerah dengan variabel intervening pengendalian intern akuntansi. Sampel penelitian adalah pejabat pemerintah daerah di lingkungan instansi pemerintah daerah yang terdiri dari badan, dinas dan kantor. Data penelitian dikumpulkan dari pemerintah daerah Surakarta, Boyolali, Sukoharjo, Karanganyar, Wonogiri, Sragen dan Klaten. Metode pengambilan data dilakukan dengan purposive sampling melalui survey. Hasil penelitian dalam model pertama dengan path analysis menunjukkan adanya pengaruh positif signifikan antara sumber daya manusia dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap keterandalan pelaporan keuangan melalui pengendalian intern akuntansi. Sedangkan hasil penelitian dalam model kedua dengan uji regresi menunjukkan adanya pengaruh positif tidak signifikan antara sumber daya manusia, sedangkan pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh positif signifikan terhadap ketepatwaktuan pelaporan keuangan. Kata kunci: Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Pengendalian Intern, Akuntansi, Keterandalan dan Ketepatwaktuan Pelaporan Keuangan

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Vera Suryaningsih
    Date Deposited: 10 May 2014 15:21
    Last Modified: 10 May 2014 15:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15761

    Actions (login required)

    View Item