PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN MEDIA MODUL DANE – LEARNINGDITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN MEMBACA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR ABSTRAK

Yuniyanti, Endah Dwi and Sunarno, Widha and Haryono, (2012) PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN MEDIA MODUL DANE – LEARNINGDITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN MEMBACA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR ABSTRAK. Universitas Sebelas Maret, 1 (2). pp. 112-120. ISSN 2252-7893

[img] PDF - Published Version
Download (102Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kimia dengan inkuiri terbimbing menggunakan media modul dan e-learning, kemampuan pemahaman membaca,dan kemampuan berpikir abstrak terhadap prestasi belajar siswa dan interaksinya. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen, dilakukan di SMA Negeri 1 Wonogiri tahun Pelajaran 2011/2012. Dalam penelitian ini sampel dipilih secara acak (cluster random sampling), sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPA5,6menggunakan media modul dan kelas XI IPA4,7menggunakan mediae-learning. Analisis data penelitian menggunakan anava dengan desain faktorial 2x2x2 sel tak sama dengan bantuan software PASW Versi 18. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) tidak ada pengaruh pembelajaran kimia menggunakan inkuiri terbimbing dengan media modul dan e-learning terhadap prestasi belajar siswa; (2) ada pengaruh kemampuan pemahaman membaca terhadap prestasi belajar siswa; (3) ada pengaruh kemampuan berpikir abstrak terhadap prestasi belajar siswa; (4) ada interaksi antara pembelajaran kimia menggunakan inkuiri terbimbing dengan media modul dan e-learningdengan kemampuan pemahaman membaca terhadap prestasi belajar siswa; (5) tidak ada interaksi antara pembelajaran kimia menggunakan inkuiri terbimbing dengan media modul dan e-learning dengan kemampuan berpikir abstrak terhadap prestasi belajar siswa; (6) tidak ada interaksi antara kemampuan pemahaman membaca dengan kemampuan berpikir abstrak terhadap prestasi belajar siswa; (7) tidak ada interaksi antara pembelajaran kimia menggunakan inkuiri terbimbing dengan media modul dan e-learning, kemampuan pemahaman membaca, kemampuan berpikir abstrak terhadap prestasi belajar siswa. Kata kunci: prestasi belajar, inkuiri terbimbing, anava, kesetimbangan kimia.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Users 849 not found.
    Date Deposited: 09 Jul 2013 17:59
    Last Modified: 09 Jul 2013 17:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/1575

    Actions (login required)

    View Item