PEMBELAJARAN IPA DENGAN INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI MENGGUNAKAN LAB RIILDAN LAB VIRTUIL DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR DAN GAYA BELAJAR SISWA

Kristanti, Aryani Artha and Sunarno, Widha and Suparmi, (2012) PEMBELAJARAN IPA DENGAN INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI MENGGUNAKAN LAB RIILDAN LAB VIRTUIL DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR DAN GAYA BELAJAR SISWA. Universitas Sebelas Maret, 1 (2). pp. 105-111. ISSN 2252-7893

[img] PDF - Published Version
Download (123Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan inkuiri bebas termodifikasi dengan media lab virtuil dan riil, kemampuan berpikir, gaya belajar, dan interaksinya terhadap prestasi belajar. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random samplingsebanyak kelas. Uji hipotesis penelitian menggunakan anava tiga jalan dengan desain faktorial 2x2x2. Kesimpulan dari penelitian adalah: 1) pembelajaran inkuiri bebas termodifikasi menggunakan media lab riil dan lab virtuil berpengaruh secara signifikan hanya terhadap prestasi belajar kognitif; 2)kemampuan berpikir tidak berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar baik kognitif maupun afektif; 3) gaya belajar berpengaruh secara signifikan terhadapprestasi belajar kognitif dan afektif; 4) tidak ada interaksi yang signifikan antara media dengan kemampuan berpikir siswa terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif; 5) tidak ada interaksi yang signifikan antara media dengan gaya belajar terhadap prestasi belajar baik kognitif maupun afektif; 6) tidak ada interaksi yang signifikan antara kemampuan berpikir dan gaya belajar terhadap prestasi belajar kognitif tetapi ada interaksi terhadap prestasi belajar afektif; 7) tidak ada interaksi yang signifikan antara media, kemampuan berpikir dan gaya belajar terhadap prestasi kognitif dan afektif. Kata kunci:Pendekatan Inkuiri Bebas Termodifikasi, Lab Riil, Lab Virtuil, Pemantulan Cahaya, Prestasi Belajar

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Users 849 not found.
    Date Deposited: 09 Jul 2013 17:55
    Last Modified: 09 Jul 2013 17:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/1574

    Actions (login required)

    View Item