HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 1000 HARI PERTAMA KEHIDUPAN

PERMATASARI, SYLVA MEDIKA (2013) HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 1000 HARI PERTAMA KEHIDUPAN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF (Status gizi, Perkembangan anak usia 1000 hari pertama kehidupan, tes Denver) - Published Version
Download (157Kb) | Preview

    Abstract

    Background: The optimum growth and developmental process determine the quality of child. At infant and toddler stage is the most important phase and the first 1000 days of life is often called as golden age. The aspects of development which was monitored was gross motor, fine motor, speech and languge skills, as well as socialization and independent. The aim of this research is to know the relationship between nutritional status and developmental of children age 1000 first days of life by controlling other variables (formal education level of the mother, the mother's employment status and the number of brothers). Methods: This study was observational cross sectional analytic approach. A total of 60 subjects were selected by purposive sampling, they were children aged 2 years old and active at Posyandu in work area Puskesmas Jaten I and Jaten II, Karanganyar. Data was collected by direct measure the height of body and examination of the samples by using Denver II test. Data was analyzed by using multiple logistic regression models and processed with Statistical Product and Service Solutions (SPSS) 17.00 for Windows. Results: The research on test bivariat who have p < 0.25 only nutritional status and level of education. Multivariat logistic regression test results OR = 30,919; 95% CI 2,825-338,411; and p = 0.005. This result is already controlling the confounding variable that is the level of education of the mother. Samples that have nutritional status short risk results on tests of Denver suspek 30,919 heavier than normal. multivariat logistic regression test result between the level of secondary education of mother with development of children age 1000 first day of life OR= 0,463; 95% CI= 0,073 – 2,935; p= 0,414, and the level of high education mother OR= 0,195; 95% CI= 0,023 – 1,653; p= 0,195. Conclusions: There is a very strong relationship between nutritional status and child development age 1000 first day of life. Latar Belakang: Proses tumbuh kembang yang optimal sangat menentukan kualitas anak. Pada saat bayi dan balita merupakan fase terpenting dan 1000 hari pertama kehidupan yang sering disebut sebagai Golden Age. Aspek-aspek perkembangan yang akan dipantau adalah motorik kasar, motorik halus, kemampuan bicara dan bahasa serta sosialisasi dan kemandirian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara status gizi dengan perkembangan anak usia 1000 hari pertama kehidupan dengan mengontrol variabel lain (tingkat pendidikan formal ibu, status pekerjaan ibu dan jumlah saudara). Metode Penelitian: Penelitian ini bersifat observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini adalah anak usia 2 tahun yang terdaftar di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Jaten I dan II, Kabupaten Karanganyar, sampel dipilih dengan cara teknik purposive sampling sebanyak 60 orang. Sampel yang memenuhi kriteria inklusi dan tidak terdapat kriteria eksklusi diukur tinggi badan lalu di lakukan tes Denver II. Setelah dilakukan tes Denver II lalu dilakukan penentuan hasil perkembangan. Analisis statistik dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik multivariat dan diolah dengan Statistical Product and Service Solution (SPSS) 17.00 for Windows. Hasil Penelitian: Pada penelitian ini uji bivariat yang memiliki p < 0,25 hanya status gizi dan tingkat pendidikan. Uji regresi logistik multivariat antara status gizi dengan perkembangan anak usia 1000 hari pertama kehidupan menunjukkan hasil OR = 9,361 ; IK 95%= 1,288 – 68,031; dan p = 0,027, yang berarti status gizi berhubungan dengan perkembangan anak usia 100 hari pertama kehidupan.. Sampel yang memiliki status gizi pendek memiliki risiko hasil suspek pada tes Denver 9,361 lebih berat dibandingkan dengan yang normal. Hasil uji regresi logistik multivariat antara tingkat pendidikan menengah ibu dengan perkembangan anak usia 1000 hari pertama kehidupan menghasilkan nilai OR= 0,463; IK 95%= 0,073 – 2,935; p= 0,414, sedangkan tingkat pendidikan ibu tinggi memiliki nilai OR= 0,195; IK 95%= 0,023 – 1,653; p= 0,195. Simpulan Penelitian: Terdapat hubungan sangat kuat antara status gizi dengan perkembangan anak usia 1000 hari pertama kehidupan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc
    Q Science > QP Physiology
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Depositing User: Vignasari Kokasih
    Date Deposited: 10 May 2014 06:16
    Last Modified: 10 May 2014 06:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15723

    Actions (login required)

    View Item