PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN PENDEKATAN METAKOGNITIF MELALUI MODEL RECIPROCAL LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNINGDITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA

Afandi, and Sugiyarto, and Sunarno, Widha (2012) PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN PENDEKATAN METAKOGNITIF MELALUI MODEL RECIPROCAL LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNINGDITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA. Universitas Sebelas Maret, 1 (2). pp. 86-92. ISSN 2252-7893

[img] PDF - Published Version
Download (864Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan metakognitif model Reciprocal Learning (RL) dan Problem Based Learning(PBL), kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis serta interaksinya terhadap prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental faktorial 2x2x2 dengan subjek penelitian seluruh mahasiswa P.MIPA yang mengambil mata kuliah Biologi Umum tahun ajaran 2011/2012. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pembelajaran dengan pendekatan metakognitif model PBL secara signifikan lebih baik dibandingkan model RL terhadap prestasi belajar mahasiswa; (2) kemandirian belajar tinggi secara signifikan lebih baik dibandingkan kemandirian belajar rendah terhadapprestasi belajar mahasiswa; (3) kemampuan berpikir kritis tinggi secara signifikan lebih baik dibandingkan kemampuan berpikir kritis tinggi terhadap prestasi belajar mahasiswa; (4) interaksi antara model pembelajaran dengan kemandirian belajar secara signifikan mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa;(5) interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan berpikir kritis belajar secara signifikan mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa; (6) tidak terdapat interaksi antara kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar mahasiswa; (7) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar mahasiswa. Kata kunci : Metakognitif, PBL, RL, Kemandirian Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Yudha Adhitya
    Date Deposited: 09 Jul 2013 17:47
    Last Modified: 09 Jul 2013 17:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/1572

    Actions (login required)

    View Item