PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN METODE PROBLEM POSING DAN PEMBERIAN TUGAS DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS DAN KREATIVITAS SISWA

Ruwaidah, Titik and Ashadi, and Sarwanto, (2012) PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN METODE PROBLEM POSING DAN PEMBERIAN TUGAS DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS DAN KREATIVITAS SISWA. Universitas Sebelas Maret, 1 (1). pp. 78-85. ISSN 2252-7893

[img] PDF - Published Version
Download (263Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode problem posingdan pemberian tugas, kemampuan berpikir analisis, kreativitas, dan interaksinya terhadap prestasi belajar stoikiometri. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes untuk prestasi kognitif siswa, kemampuan berpikir analisis dan kreativitas, angket untuk prestasi afektif siswa, hipotesis diuji dengan uji non parametrik Kruskal Wallis.Dari hasil analisis data disimpulkan: 1) tidak ada pengaruh pembelajaran dengan metode problem posingdan pemberian tugas terhadap prestasi belajar kimia, 2) ada pengaruh tingkat kemampuan berpikir analisis tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar kimia, 3) ada pengaruh tingkat kreativitas tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar kimia, 4) ada interaksi antara pembelajaran dengan metode problem posing, pemberian tugas dengan kemampuan berpikir analisis terhadapprestasi belajar kimia, 5) ada interaksi antara pembelajaran dengan metode problem posing, pemberian tugas dengan kreativitas terhadap prestasi belajar kimia, 6) ada interaksi antara kemampuan berpikir analisis dengan kreativitas terhadap prestasi belajar kimia,7) ada interaksi antara pembelajaran dengan metode problem posing, pemberian tugas, kemampuan berpikir analisis, dan kreativitas terhadap prestasi belajar kimia. Kata kunci : prestasi belajar, metode eksperimen, stoikiometri.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Users 849 not found.
    Date Deposited: 09 Jul 2013 17:42
    Last Modified: 09 Jul 2013 17:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/1571

    Actions (login required)

    View Item