DAMPAK PENDIDIKAN LAYANAN KHUSUS (PLK) “SEKOLAH KITA” TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN KONFLIK ANAK JALANAN DI LEMBAGA PPAP “SEROJA” SURAKARTA

ARUMSARI, WENTI (2013) DAMPAK PENDIDIKAN LAYANAN KHUSUS (PLK) “SEKOLAH KITA” TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN KONFLIK ANAK JALANAN DI LEMBAGA PPAP “SEROJA” SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (761Kb) | Preview

    Abstract

    Wenti Arumsari, D0309051, DAMPAK PENDIDIKAN LAYANAN KHUSUS (PLK) “SEKOLAH KITA” TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN KONFLIK ANAK JALANAN DI LEMBAGA PPAP “SEROJA” SURAKARTA, Skripsi (S-1) Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak Pendidikan Layanan Khusus (PLK) “Sekolah Kita” terhadap kemampuan menyelesaikan konflik anak jalanan di Lembaga PPAP “Seroja”. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori AGIL dari Talcot Parsons. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluasi dengan pendekatan kualitatif yang disajikan secara deskripsi. Evaluasi disini berupa On-going evaluation dengan model evaluasi CIPP. Data primer diperoleh dari informan yang merupakan anak jalanan yang bersekolah di “Sekolah Kita” dan dari pengelola “Sekolah Kita” sedangkan data sekunder berasal dari dokumen pendukung terkait anak jalanan. Teknik pengambilan sampel menggunakan Judgement/ purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan metodologis. Analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukan ada dampak dari PLK “Sekolah Kita” terhadap kemampuan menyelesaikan konflik anak jalanan diantaranya anak jalanan mampu menumbuhkan rasa percaya dan penerimaan, saat terjadi konflik mereka bisa mengendalikan emosi, anak jalanan mampu menumbuhkan kemampuan/kekuatannya sendiri dalam menghadapi masalah/konflik, anak jalanan mampu memilih alternatif yang positif saat terjadi konflik sehingga konflik tidak berlangsung lama dan berlarut-larut, anak jalanan mampu merencanakan pelaksanaan jalan keluar saat terjadi konflik baik konflik individu maupun konflik antar pribadi, anak jalanan mampu membina hubungan yang baik dengan sesama anak jalanan maupun dengan orang lain meskipun pernah terlibat konflik sebelumnya, anak jalanan mampu merumuskan tujuan hidup yaitu keluar dari jalanan dan semangat belajar untuk mewujudkan cita-cita, dan anak jalanan merasa dihargai dan diperhatikan sehingga merasa nyaman saat sekolah, sehingga ketika terjadi konflik mereka menuruti apa yang dinasihatkan kepada mereka. Kata Kunci : Anak Jalanan, Pendidikan Layanan Khusus (PLK), Konflik Wenti Arumsari, D0309051, THE IMPACT OF SPECIAL EDUCATION SERVICES (PLK) “SEKOLAH KITA” AGAINST THE ABILITY TO SOLVE STREET CHILDREN CONFLICT in League of PPAP “Seroja” Surakarta) Skripsi (S-1) Sosiologi Department, Social and Political Sciences Faculty, Surakarta Sebelas Maret University, 2013. This research aims to know the impact of PLK “Sekolah Kita” against the ability to solve street children conflict in Lembaga PPAP Seroja. This reseach uses AGIL‟s theory from Talcot Parsons. This research is the type of evaluation research with a qualitative approach that presented by description. This evaluation is On-going evaluation with CIPP evaluation model. Primary data obtained from informans. They are the student of “Sekolah Kita” and the teacher of “Sekolah Kita”. Secondary data is from relevant supporting documents street children. Sampling technique uses Judgement/ purposive Sampling. Collecting data techhnique trought observation, interview and documentation. The validity of data uses triangulation source and methodological. Analysis of data uses interactive model. The results of this research shows that there is an effect from PLK Sekolah Kita against the ability to solve street children conflict. For example, street children can make a sense of trust and acceptance,when there was conflict they could control their emotions, street childrencan grow their ability/strength in facingtheir problem/conflict, street children can choose positive alternative during the conflict so the conflict would not as long as usual, street children can figure out the conflict not only individual conflict but also interpersonal conflict, street children can make a good relationship with their friends or with other people altought they have had conflict,street children can make plan for their future life (Out from the street and have a good motivation for studying to realize what they want), and street children feel they are worth enough so they feel comfortable in the school, so if there was conflict, they will obey what people said. Key Word : Street Children, Special Education Services (PLK), Conflict

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
    Depositing User: Miranda Nur Q. A.
    Date Deposited: 10 May 2014 05:28
    Last Modified: 10 May 2014 05:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15688

    Actions (login required)

    View Item