EFEKTIVITAS JALUR PEDESTRIAN KORIDOR PERDAGANGAN DAN JASA DI KOTA SURAKARTA

ARDIANTO, EKO (2013) EFEKTIVITAS JALUR PEDESTRIAN KORIDOR PERDAGANGAN DAN JASA DI KOTA SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF ( Efektivitas, Jalur Pedestrian, Koridor Perdagangan dan Jasa) - Published Version
Download (314Kb) | Preview

    Abstract

    Pedestrian path located in Surakarta on both sides of the curb make a linear form following the road network. Currently the average pedestrian path already converted to a street vendor’s stall, a place for vehicle to park, a place to store store’s belongings, a place for store’s cart access, and blocked by road furniture. The number of elements contained in the area of pedestrian pathways lead to impaired pedestrian safety, comfort and security. Under these conditions the question arises how the effectiveness of pedestrian path in trade and services corridor in Surakarta. The purpose of this study is to determine the effectiveness of pedestrian pathways in trades and services corridors in Surakarta and the variable is the pedestrian path facility, activity in the pedestrian path, and a pedestrian destination in the pedestrian path. The approach in this study uses an inductive and deductive approach, but the dominant approach used by researcher is the inductive approach, while analysis using quantitative descriptive analysis method and make the percentage The result is a pedestrian path in three roads trades and services corridors, namely Dr. Radjiman road, Komodor Yos Sudarso road and Gatot Subroto road is still not effective. This is due to the condition of pedestrian pathways are damaged, the supporting facilities are still lacking and lot of them in damaged condition, pedestrian paths provide less safety, pedestrian pathways comfort is still far from expectations of hikers, pedestrian paths is still lacking in security, pedestrian paths cannot provide a sense of fun on the part of pedestrians, pedestrians carrying freight is less free to walk in the pedestrian path and pedestrian path cannot provide freedom of movement for pedestrians with a companion. Other activities in pedestrian path as street vendors, parked vehicles, and activities of goods wagons tends to interfere with pedestrian accessibility in the pedestrian path corridor of trade and services. Jalur pedestrian yang terdapat di Kota Surakarta berada di kedua sisi tepi jalan membentuk linier mengikuti jaringan jalan. Saat ini jalur pedestrian di Kota Surakarta ratarata sudah beralih fungsi sebagai tempat untuk pedagang kaki lima, tempat untuk parkir kendaraan, tempat untuk menaruh barang dagangan milik toko, tempat untuk akses gerobak barang milik toko dan terhalang oleh perabotan jalan. Banyaknya elemen-elemen yang terdapat pada area jalur pedestrian menyebabkan pejalan kaki terganggu keselamatan, kenyamanan, dan keamanannya. Dengan kondisi tersebut timbul pertanyaan bagaimana efektifitas jalur pedestriaan koridor perdagangan dan jasa di Kota Surakarta. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui efektifitas jalur pedestrian koridor perdagangan dan jasa di Kota Surakarta dan variabelnya adalah fasilitas jalur pedestrian, aktivitas di jalur pedestrian, dan tujuan pejalan kaki di jalur pedestrian. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan induktif dan pendekatan deduktif namun pendekatan yang dominan digunakan peneliti adalah pendekatan induktif, Sedangkan analisisnya menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dan membuat persentasenya. Hasil yang di dapat adalah jalur pedestrian koridor perdagangan dan jasa di tiga jalan yaitu Jalan Dr. Radjiman, Jalan Komodor Yos Sudarso, dan Jalan Gatot Subroto saat ini masih belum efektif. Hal ini disebabkan kondisi jalur pedestrian banyak yang rusak, fasilitas pendukung masih kurang dan kondisinya banyak yang rusak, jalur pedestrian masih kurang memberikan keselamatan bagi sebagian pejalan kaki, kenyamanan jalur pedestrian masih jauh dari harapan sebagian pejalan kaki, keamanan di jalur pedestrian masih kurang, jalur pedestrian tidak dapat memberikan rasa menyenangkan bagi sebagian pejalan kaki, sebagian pejalan kaki yang membawa barang masih kurang leluasa berjalan di jalur pedestrian, dan jalur pedestrian tidak dapat memberikan kebebasan bergerak bagi sebagian pejalan kaki dengan teman seperjalanan. Aktivitas lain yang terdapat di jalur pedestrian seperti pedagang kaki lima, parkir kendaraan, dan aktivitas gerobak barang cendrung mengganggu aksesibilitas pejalan kaki di jalur pedestrian koridor perdagangan dan jasa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
    Depositing User: Vignasari Kokasih
    Date Deposited: 10 May 2014 04:26
    Last Modified: 10 May 2014 04:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15661

    Actions (login required)

    View Item