UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASING ATAS BOLA VOLI MINI MELALUI MODIFIKASI ALAT BANTU BOLA BERWARNA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 AMBALRESMI KECAMATAN AMBAL KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

, Turimin. (2008) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASING ATAS BOLA VOLI MINI MELALUI MODIFIKASI ALAT BANTU BOLA BERWARNA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 AMBALRESMI KECAMATAN AMBAL KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF (Hasil belajar, pasing atas,modifikasi bola berwarna) - Published Version
Download (216Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pasing atas pada permainan bola voli pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Amabalresmi Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan menerapkan diskusi kelompok. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dua siklus dalam tiap siklus ada dua kali pertemuan. Setiap pertemuan menunjukkan tahapan hasil proses pembelajaran pasing atas dengan menggunakan modifikasi media.Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Ambalresmi Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013 pada semester II dengan jumlah siswa 32 siswa yang terdiri dari 14 putra dan 18 putri. Tehnik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, angket dan dokumentasi atau arsip. Validasi data menggunakan teknik triangulasi metode, sedangkan sumber data diambil dari guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa pasing atas bola voli dengan menggunakan alat bantu bola berwarna pada kognitif, afektif dan psikomotorik siswa kelas IV SD Negeri 1 Ambalresmi Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013 pada kompetensi dasar mempraktekkan gerak dasar permainan bola besar sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerja sama, sportifitas dan kejujuran, di mana peningkatan hasil belajar siswa diperoleh sebagai berikut: ketuntasan belajar dari 32 siswa pada pra siklus ketuntasan belajar 22 % siklus I ketuntasan belajar meningkat menjadi 46,87 % siklus II 84,37% dan telah mencapai target ketuntasan minimal yaitu 83 % dari jumlah siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pasing atas dalam pembelajaran permainan bola voli dengan menggunakan modifikasi media pembelajaran dapat meningkat hingga batas minimal KKM yang telah ditentukan yaitu 7,5. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan alat bantu bola berwarna bola voli ternyata dapat meningkatkan hasil belajar pasing atas dengan menerapkan diskusi kelompok meningkatkan aktifitas individu dan kemandirian siswa kelas IV SD Negeri 1 Ambalresmi Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013. Kata kunci : Hasil belajar, pasing atas,modifikasi bola berwarna.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Lia Primadani
    Date Deposited: 10 May 2014 02:31
    Last Modified: 10 May 2014 02:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15644

    Actions (login required)

    View Item