PENERAPAN PROMOTIONAL MIX DINAS PENGELOLAAN PASAR KOTA SURAKARTA TERHADAP PASAR KLEWER

ROSSIANITA, DANI (2013) PENERAPAN PROMOTIONAL MIX DINAS PENGELOLAAN PASAR KOTA SURAKARTA TERHADAP PASAR KLEWER. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF ( Periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, publisitas) - Published Version
Download (294Kb) | Preview

    Abstract

    Promosi merupakan arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dan pemasaran. Promosi dilakukan oleh sebuah perusahaan dengan upaya untuk mengarahkan seseorang atau konsumen agar dapat melihat dan mengenal produk perusahaan lalu memahaminya, yang berubah menjadi sikap menyukai, yakin, kemudian akhirnya membeli dan selalu ingat akan produk tersebut. Kegiatan promosi meliputi, periklanan (advertising), hubungan masyarakat (public relation), penjualan pribadi (personal selling), promosi penjualan (sales promotion), serta publisitas yang semuanya merupakan variabel-variabel promosi yang sering disebut dengan bauran promosi atau promotional mix. Promotional mix yang dilakukan oleh Dinas Pengelolaan Pasar Kota Surakarta ditujukan dalam rangka meningkatkan penjualan dan menarik minat konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan promotional mix yang dilakukan Dinas Pengelolaan Pasar kota Surakarta terhadap Pasar Klewer. Penelitian ini menggunakan metodemetode pengumpulan data, antara lain metode wawancara, metode observasi, dan studi pustaka. Sedangkan sumber data yang digunakan yaitu data sekunder dan data primer. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan promotional mix yang dilakukan oleh Dinas Pengelolaan Pasar kota Surakarta adalah periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan publisitas. Untuk periklanan media yang digunakan adalah majalah, baliho, spanduk, surat kabar dan kalender; promosi penjualan yang diterapkan adalah tawar menawar; hubungan masyarakat dilakukan melalui sosialisasi lingkungan dengan instansi; serta publisitas meliputi radio milik sendiri dan koran yang memuat tentang pasar klewer. Adapun saran yang dapat disampaikan yaitu sebaiknya Dinas Pengelolaan Pasar Kota Surakarta lebih variatif dan menambah promosi-promosi yang dilakukan karena promosi sangat mempengaruhi minat beli masyarakat.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Vignasari Kokasih
    Date Deposited: 10 May 2014 02:25
    Last Modified: 10 May 2014 02:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15639

    Actions (login required)

    View Item