ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TAHU PADA PERUSAHAAN TAHU SUSU LEMBANG BANDUNG

, KATHY (2013) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TAHU PADA PERUSAHAAN TAHU SUSU LEMBANG BANDUNG. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (235Kb) | Preview

    Abstract

    The purpose of this research is identifies factors internal and external affecting Tahu Susu Lembang business, formulate alternative strategy to be applied in marketing effort to Tahu Susu Lembang company, and determine priorities marketing strategies proper for Tahu Susu Lembang companies to business. Type of data used is data primary and secondary data with technique data used technique interview obeservasi, registration and. Method research used is descriptive with methods of analysis of data environment internal and external, matrix IFE and EFE, matrix IE, matrix SWOT and a matrix QSPM. Results of the study indicate that internal environmental factors being the main power companies know the idiosyncrasies of the Valley Milk products with different products with the acquisition of competitor total weighted values on matrix IFE is equal to 0,48669 and less breadth of coverage of the market as the main weakness with total weighted values on matrix IFE is equal to 0,16683. External environmental factors being the main opportunities the companies that know the populist food products with a total value of EFE matrix is the weighted of 0.48445 and the price of the competing product is relatively lower as the main threats faced by the company with the acquisition of the total value of the weighted matrix of EFE is equal to 0.26498.Position company know milk lembang is at cell v, namely keep and keep with strategy market penetration and product development so as to be recommended 7 alternative strategy to company of the matrix training namely maintain and improve product quality know milk for creating excellence among competitors, increase its production capacity by the addition of production equipment and pengoptimalan performance sdm, do diversifies as a product development inovercoming problems endurance products briefly, deveop strategies promotion in order to increase sales, doing strategies price for keeping customer loyalty, interweave good relationship with consumers and minimizing production cost. Thus priority marketing strategies are chosen in a matrix qspm is increasing production capacity by the addition of production equipment and pengoptimalan performance sdm with summation bag of 0,35904 Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasifaktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi usaha Tahu Susu Lembang, merumuskan alternatif strategi yang dapat diterapkan dalam usaha pemasaran pada Perusahaan Tahu Susu Lembang, dan menentukan prioritas strategi pemasaran yang tepat bagi Perusahaan Tahu Susu Lembang untuk menjalankan usahanya. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, obeservasi, dan pencatatan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan metode analisis data lingkungan internal dan eksternal, matriks IFE dan EFE, matriks IE, matriks SWOT, dan matriks QSPM. Hasil penelitan menunjukkan faktor lingkungan internal yang menjadi kekuatan utama Perusahaan Tahu Susu Lembang yaitukekhasan produk yang berbeda dengan produk pesaing dengan perolehan total nilai tertimbang pada matriks IFE adalah sebesar 0,48669 dan kurang luasnya cakupan pasar sebagai kelemahan utama dengan total nilai tertimbang pada matrik IFE adalah sebesar 0,16683. Faktor lingkungan eksternal yang menjadi peluang utama perusahaan yaitu tahu merupakan produk makanan yang merakyat dengan total nilai tertimbang pada matrik EFE adalah sebesar 0.48445 dan harga produkpesaing yang relatif lebih rendah sebagai ancaman utama yang dihadapi perusahaan dengan perolehan total nilai tertimbang pada matrik EFE adalah sebesar0.26498. Posisi perusahaan Tahu Susu Lembang berada pada sel V, yaitu jaga dan pertahankan dengan strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk sehingga dapat direkomendasikan 7 alternatif strategi untuk perusahaan dari matriks SWOT, yaitu mempertahankan serta meningkatkan kualitas produk tahu susu untuk menciptakan keunggulan diantara pesaing, meningkatkan kapasitas produksi dengan penambahan peralatan produksi dan pengoptimalan kinerja SDM, melakukan diversifikasi sebagai upaya pengembangan produk dalam mengatasi masalah daya tahan produk yang singkat, mengembangkan strategi promosi dalam rangka meningkatkan penjualan, melakukan strategi harga untuk menjaga loyalitas pelanggan, menjalin hubungan yang baik dengan konsumen dan meminimalkan biaya produksi. Dengan demikian prioritas strategi pemasaran yang dipilih dalam matriks QSPM yaitu meningkatkan kapasitas produksi dengan penambahan peralatan produksi dan pengoptimalan kinerja SDM dengan penjumlahan TAS sebesar 0,35904.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Depositing User: Vignasari Kokasih
    Date Deposited: 10 May 2014 02:20
    Last Modified: 10 May 2014 02:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15633

    Actions (login required)

    View Item