EVALUASI ATAS PELAKSANAAN PEMOTONGAN, PENYETORAN, DAN PELAPORAN PAJAK PENGHASILAN PASAL 23 ATAS JASAOUTSOURCING (JASACLEANING SERVICE) PADA PT. BATIK DANAR HADI SOLO

Lebiana, Septika (2013) EVALUASI ATAS PELAKSANAAN PEMOTONGAN, PENYETORAN, DAN PELAPORAN PAJAK PENGHASILAN PASAL 23 ATAS JASAOUTSOURCING (JASACLEANING SERVICE) PADA PT. BATIK DANAR HADI SOLO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2048Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pemotongan, penyetoran dan pelaporan PPh Pasal 23 atas jasa outsourcing (jasa cleaning service), dokumen- dokumen yang digunakan, dan mengevaluasi pelaksanaan PPh pasal 23 yang terjadi pada PT. Batik Danar Hadi Solo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi langsung pada PT. Batik Danar Hadi Solo. Hasil dari penelitian adalah PT. Batik Danar Hadi Solo dimana perusahaan sebagai pemotong telah memenuhi kewajiban perpajakannya dengan selalu berusaha melakukan pemotongan, penyetoran, dan pelaporan atas pemakaian jasajasa tersebut setiap bulan sebelum batas akhir pelaporan yang dilengkapi dengan tanda bukti pemotongan serta menyampaikan surat pemberitahuan (SPT) Masa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dalam pelaksanaan pemotongan, penyetoran, dan pelaporan PPh Pasal 23 atas jasa outsourcing (jasa cleaning service) pada PT. Batik Danar Hadi Solo, prosedur yang digunakan juga sudah baik dan benar. Penempatan dokumen-dokumen PPh pasal 23 tidak tertata rapi, karena ruang penyimpanan dokumen PPh pasal 23 yang terbatas pada PT. Batik Danar Hadi Solo. Perencanaan pajak penyetoran PPh Pasal 23 pada PT. Batik Danar Hadi Solo juga kurang dimaksimalkan. Berdasarkan penelitian, penulis memberikan saran sebaiknya PT. Batik Danar Hadi Solo menambah ruang atau tempat penyimpanan dokumen mengenai PPh Pasal 23 agar dokumen tersebut tertata rapi dan memudahkan jika dilakukan pemeriksaan ulang oleh petugas pajak. Perencanaan pajak sebaiknya melakukan penyetoran PPh pasal 23 tersebut tidak terlalu awal dan juga tidak melewati batas waktu, agar aliran kas dapat lebih bermanfaat untuk perusahaan. Kata kunci: PPh Pasal 23 atas Jasa Outsourcing (Jasa Cleaning Service).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Akuntansi Perpajakan
    Depositing User: Vera Suryaningsih
    Date Deposited: 09 May 2014 23:44
    Last Modified: 09 May 2014 23:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15610

    Actions (login required)

    View Item