KETERKAITAN ANTARA PERILAKU KERJA TIM, KEPERCAYAAN TIM, DUKUNGAN TIM DENGAN KOMITMEN TIM (Studi pada Guru Tetap Sekolah Dasar Negeri di Surakarta)

LARASATI, AGATHA MASAJENG DEWI (2013) KETERKAITAN ANTARA PERILAKU KERJA TIM, KEPERCAYAAN TIM, DUKUNGAN TIM DENGAN KOMITMEN TIM (Studi pada Guru Tetap Sekolah Dasar Negeri di Surakarta). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (356Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian mengenai kerja tim dalam dunia pendidikan khususnya guru Sekolah Dasar ini dilakukan karena penulis merasa masih kurangnya minat penelitian manajemen dalam bidang pendidikan. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian pengujian hipotesis guna menguji : 1) hubungan perilaku tim kerja dengan komitmen tim, 2) hubungan tim kerja dengan kepercayaan tim, 3) hubungan kepercayaan tim dengan komitmen tim, 4) hubungan tim kerja dengan komitmen tim dengan dimediasi kepercayaan tim, 5) hubungan dukungan tim dengan perilaku tim, 6) hubungan dukungan tim dengan kepercayaan tim, 7) hubungan dukungan tim dengan komitmen tim. Penelitian ini dilakukan pada guru tetap Sekolah Dasar Negeri di Surakarta, yang diambil dengan teknik pengambilan sampel non probability sampling dan teknik purposive sampling. Kriteria responden dalam penelitian ini adalah guru tetap yang mengajar di Sekolah Dasar Negri di Surakarta. Penelitian ini mengambil jumlah responden sebanyak 212 orang dengan menggunakan teknik Maximum Likehood Estimation. Penelitian ini menggunakan model persamaan struktural (Structural Equation Model). Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) perilaku kerja tim berhubungan positif dengan komitmen tim; 2) perilaku kerja tim berhubungan positif dengan kepercayaan tim; 3) kepercayaan tim tidak memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap komitmen tim; 4) tidak ada hubungan yang positif dan signifikan antara perilaku kerja tim dengan dimediasi kepercayaan tim terhadap komitmen tim 5) terdapat hubungan positif dan signifikaan antara dukungan tim dengan perilaku kerja tim; 6) dukungan tim tidak memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap kepercayaan tim; 7) dukungan tim berhubungan positif dengan komitmen tim. Studi ini memiliki beberapa keterbatasan yang meliputi jumlah sampel, objek amatan yang terfokus pada 13 Sekolah Dasar Negeri dan wilayah amatan disekitar kota Surakarta sehingga penelitian selanjutnya diharapkan melengkapi keterbatasan pada penelitian ini

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Nisaa Adlia Adani
    Date Deposited: 09 May 2014 23:39
    Last Modified: 09 May 2014 23:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/15609

    Actions (login required)

    View Item